Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Tenang Berkat Pijat

Kompas.com - 18/06/2010, 16:30 WIB

Kompas.com - Orang-orang yang punya kecenderungan untuk mudah gelisah, disarankan untuk melakukan terapi pijat secara rutin. Hasil riset yang dipublikasikan di jurnal Depression And Anxiety menyebutkan, tindakan ini mampu meredam gejala kegelisahan hingga setengahnya.

Studi itu dilakukan oleh para peneliti dari Group Health Research Institute. Mereka mengamati 68 pasien gangguan kecemasan umum (Generelized Anxiety Dissorder) yang menjalani pijat sebanyak 10 kali, selama tiga bulan.

Setiap sesi berlangsung selama 1 jam, di ruangan yang nyaman dan menenangkan. Para pasien dipijat oleh terapis bersertifikat. Menurut Karena J.Sherman PhD, salah seorang peneliti senior, terapi pijat memang telah lama dikenal sebagai metode penyembuhan alternatif komplementer yang cukup populer dan efektif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com