Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencegah Keringat Berlebih Saat Olahraga

Kompas.com - 24/06/2010, 14:13 WIB

KOMPAS.com — Olahraga memang menyenangkan. Tetapi, pada sebagian orang, olahraga juga menimbulkan keringat yang berlebihan. Sebanyak 23 persen perempuan bahkan merasa volume keringat mereka sudah cukup deras, di luar aktivitas olahraga tersebut.

Nah, ketika cairan keluar begitu banyak, rasanya percuma saja Anda mengenakan deodoran. Lama-kelamaan, aroma deodoran pasti kalah oleh keringat.

Agar tetap percaya diri saat berlatih, tanpa khawatir bagian ketiak atau punggung kaus Anda dibanjiri keringat, Anda bisa mengikuti saran dari Dr Rolanda Johnson. Setidaknya ada lima hal yang disarankan oleh peneliti di perusahaan produk perawatan tubuh Procter & Gamble ini agar latihan Anda tetap menyenangkan tanpa gangguan keringat.

Lakukan dua kali
Yang dimaksud dua kali di sini adalah mengaplikasikan deodoran. Lakukan pada pagi dan malam hari. Para peneliti telah melakukan berbagai studi klinis yang menunjukkan bahwa mengaplikasikan deodoran dua kali sehari dapat mengurangi keringat.

Pilih deodoran yang tepat
Pilih deodoran yang memiliki formula untuk kulit sensitif. Maksimalkan fungsi antiperspirant ini dengan mengaplikasikannya pada malam hari ketika temperatur tubuh Anda paling teratur. Dalam kondisi ini, suhu tubuh akan memungkinkan produk meresap dan menciptakan semacam segel atau sumbatan. Sumbatan inilah yang menghentikan keringat Anda. 

Perhatikan pakaian Anda
Cara Anda berpakaian bisa membantu lengan Anda terasa nyaman dan membuat ketiak tetap terasa segar dan kering. Bahan yang tembus udara seperti katun, sutra, dan wol dapat menyerap keringat sekaligus memungkinkan kulit untuk tetap bernapas.

Tentukan makanan dan minuman yang tepat
Hindari minuman yang mengandung kafein, minuman panas, atau alkohol. Tiga jenis minuman ini bisa membuat tubuh berkeringat. Untuk makanan, sebaiknya tidak mengonsumsi makanan pedas dan yang memiliki aroma tajam. Bawang putih dan bawang bombay juga bisa menyebabkan Anda berkeringat, lho.

Pilih olahraga yang menenangkan
Jenis olahraga juga perlu disesuaikan dengan kondisi tubuh Anda. Bila Anda memiliki tulang yang rapuh, jangan melakukan olahraga high impact. Kalau Anda mudah berkeringat, pilih saja olahraga yang sekaligus berfungsi melepas stres seperti yoga atau meditasi. Stres akan meningkatkan kadar keringat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com