Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelajah Sepeda Berakhir

Kompas.com - 05/07/2010, 04:19 WIB

Bogor, Kompas - Pelepasan tim Jelajah Sepeda Surabaya-Jakarta di Kota Bogor yang bersamaan dengan ”Fun Bike” Hari Bhayangkara di Kota Bogor berlangsung meriah, Minggu (4/7) pagi. Setelah menandatangani Prasasti Jelajah Sepeda Surabaya-Jakarta, Wali Kota Bogor Budiarto mengibarkan bendera.

Pengibaran bendera start itu berlangsung di Jalan Jalak Harupat depan Lapangan Sempur, Bogor Tengah, Kota Bogor, sekitar pukul 07.00. Sekitar 20 orang polisi komunitas Polisi Bersepeda Polresta Bogor mengawali rombongan yang terdiri dari rombongan bersepeda tim Jelajah Sepeda Surabaya-Jakarta, Muspida Kota Bogor, Trans TV, dan sejumlah klub bersepeda di Kota Bogor. Mereka, antara lain, adalah Oncom, Bike to Work, Goel, BMX, Toppas, dan BTC. Ratusan warga perseorangan ikut serta.

Sebelum bersepeda, di Botani Square, panitia Jelajah Sepeda Surabaya-Jakarta memberikan bantuan buku untuk perpustakaan di Kota Bogor, yang diserahkan Redaktur Pelaksana Harian Kompas Budiman Tanuredjo. Bantuan buku bacaan itu diterima Wakil Wali Kota Bogor Achmat Ru’yat.

Ru’yat menyerahkan buku kepada tiga orang, yaitu Komar Ismalil (pengurus Taman Bacaan Jendela Dunia, di Katulampa, Bogor Timur), Oneng Arsiti (TB Mulyaharja, di Mulyaraja, Bogor Selatan), dan Saiful Komar (TB Isabela/Ingin Selalu Belajar di Cibalagu, Bogor Barat).

Ketiganya menerima sekitar 800 judul, satu rak buku, dan satu sepeda Polygon. Dua puluh persen dari buku itu adalah sumbangan Bogor Nirwana Residence, sedangkan sisanya dari Dana Kemanusiaan Kompas.

Di Lapangan Sempur, berlangsung aerobik bersama yang diikuti warga yang tengah berolahraga pagi di sana, juga oleh para pesepeda.

Selain Diani Budiarto dan Achmad Ru’yat, pejabat muspida yang ikut bersepeda, antara lain, adalah Kepala Polres Kota Bogor Ajun Komisaris Besar Nugroho Slamet Wibowo, Komandan Kodim 0606/Kota Bogor Kolonel Infanteri Mirza Agus, Kepala Kejaksaan Negeri Bogor Andi M Taufik, dan Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Indra M Roesli.

Kepada tim Jelajah Sepeda Surabaya-Jakarta, Diani menyampaikan ucapan selamat datang dan mendoakan agar selamat sampai di tujuan. Diani juga menyampaikan selamat ulang tahun kepada Polri dan berharap Polri makin memasyarakat.

Hal senada dinyatakan Achmad Ru’yat. Menurut dia, bersepeda sangat cocok untuk digunakan meninjau ke kampung-kampung. ”Jalan di perkampungan kecil, jadi lebih efektif dengan sepeda,” katanya.

Rombongan hanya bersepeda bersama sampai di persimpangan Jambu Dua di Bogor Utara. Dari tim Jelajah Sepeda Surabaya-Jakarta bersama rombongan Trans TV meneruskan ke Jakarta, sedangkan rombongan komunitas bersepeda Kota Bogor berbelok ke Jalan A Yani untuk kembali ke Lapangan Sempur melanjutkan peringatan hari Bhayangkara ke-64 di sana.

Sampai pukul 11.00, kegembiraan peringatan hari Bhayangkara masih berlangsung. Polres Kota Bogor menggelar acara hiburan dan pameran kepolisian, walau sederhana. Selain itu juga ada mobil pembuatan SIM keliling yang buka selama acara berlangsung. Puluhan warga memanfaatkan kesempatan itu.

Kepala Polres Kota Bogor Ajun Komisaris Besar Nugroho Slamet Wibowo mengatakan, peringatan HUT Polri kali ini memang sederhana, tetapi diharapkan dapat menyatukan dan lebih mendekatkan polisi dengan masyarakat dan sebaliknya. ”Keberadaan kami untuk masyarakat,” katanya.

(RTS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com