Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Puber Lebih Awal, Anak Lebih Tinggi

Kompas.com - 05/07/2010, 08:54 WIB

KOMPAS.com — Anak perempuan yang mengalami haid pertamanya lebih awal dibanding teman sebayanya cenderung akan memiliki anak dengan postur yang tinggi. Kesimpulan ini dibuat berdasarkan penelitian terhadap pertumbuhan 30.000 anak laki-laki dan perempuan yang lahir di Amerika antara tahun 1959 dan 1966.

Rata-rata usia menarke, yaitu untuk pertama kalinya seorang remaja putri mulai haid, adalah 13 tahun hingga sebelum memasuki usia 16 tahun. Pada anak yang ibunya memasuki masa menarke sebelum usia 12 tahun rata-rata memiliki pertumbuhan yang sangat cepat dibanding anak yang lahir dari ibu yang memasuki menarke pada usia 14 tahun.

"Perkembangan tinggi badan seorang anak adalah fenomena yang kompleks dan dipengaruhi oleh genetik dan faktor lingkungan," kata ketua peneliti, dr Olga Basso of McGill dari Universitas Montreal, Kanada.

Usia seorang gadis saat mendapatkan haid yang pertama juga dipengaruhi oleh gen yang bertanggung jawab pada tumbuh kembang secara umum. Hal ini diyakini menjadi alasan mengapa ada anak yang badannya berkembang dengan pesat dibanding anak lainnya.

Selain faktor genetik, kapan seorang gadis mulai memasuki masa menarke, hal itu juga dipengaruhi oleh berat badannya. Mereka yang mengalami kelebihan berat badan cenderung mengalami haid lebih awal dibanding yang tidak kelebihan berat badan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com