Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umur Buah dan Sayur Impor Bakal Dibatasi

Kompas.com - 14/07/2010, 10:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian berencana untuk membatasi umur produk-produk hortikultura, khususnya buah-buahan dan sayur-sayuran impor. Tujuannya, untuk menjaga agar kandungan nutrisi yang ada di dalam buah dan sayur-sayuran itu terjaga.

Direktur Jenderal Hortikultura Ahmad Dimyati mengungkapkan, nantinya umur buah-buahan atau sayur-sayuran yang diimpor tidak boleh lebih dari enam bulan setelah tanggal panennya.

“Harga buah impor nantinya akan semakin mahal, sehingga kalau buah impor mahal dan buah lokal kita akan lebih dicari orang. Dengan demikian, produksi bisa ditingkatkan,” ujarnya.

Selama ini, buah dan sayur-sayuran impor banyak yang umurnya sudah lebih dari satu tahun. Selain nutrisinya habis, harganya juga murah sehingga buah di dalam negeri kalah pamor. “Jadi, importir juga tidak bisa menyetok barangnya,” imbuh Dimyati.

Ketentuan umur produk hortikultura ini akan salah satu poin yang ditentukan dalam RUU Hortikultura yang ditargetkan kelar tahun ini. (Amailia Putri Hasniawati/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com