Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjadi Suporter Berhenti Merokok

Kompas.com - 14/07/2010, 17:10 WIB

KOMPAS.com — Memiliki suami, pacar atau sehabat yang merokok? Apakah mereka sedang ‘berjuang’ untuk berhenti dari rokok? Jika ya, sebenarnya keberadaan kita bisa berkontribusi banyak untuk membantu mereka.

Hal pertama yang sangat penting untuk diingat, berhenti merokok bukanlah perkara mudah. Jadi, apabila dalam perjalanannya orang yang kita cinta sempat ‘tergelincir’ beberapa kali, usahakan untuk tidak menyalahkan dan mengkritik segala usaha yang sudah mereka lakukan. Ketika mereka terlihat sedang mengalami kesusahan, tetaplah berikan dukungan dan biarkan mereka tahu seberapa besar kita menghargai usaha mereka.

Agar dukungan kita tepat sasaran, maka salurkan ‘bentuk cinta’ kita sesuai dengan kondisi yang sedang mereka hadapi.

Untuk membantu yang baru memutuskan untuk berhenti:

• Berikan dorongan untuk berhenti merokok secara perlahan. Kita bisa memulai dari melakukan diskusi santai bersama-sama mengenai cara berhenti merokok. Berikan beberapa pilihan perawatan terbaik yang pernah kita baca atau dengar. • Pastikan mereka mengetahui mengapa kita ingin mereka berhenti merokok, dan berikan alasan mengenai seberapa pentingnya mereka bagi kita. • Agar maksimal, jangan lakukan sesi diskusi yang panjang (maksimal 5 menit), secara rutin 6-12 bulan sekali. • Lalu, kita juga bisa menanyakan mengenai bantuan apa yang bisa kita lakukan untuk membantu mereka berhenti.

Untuk membantu yang sudah berhenti:

• Keberadaan keluarga dan teman-teman terdekat merupakan sumber dukungan dan motivasi yang penting bagi seseorang yang sedang berusaha berhenti merokok. Tapi, bagi orang yang sudah berhenti merokok, kenyamanan merupakan kunci keberhasilan utama mereka. • Alihkan pikiran dengan mengajak mereka melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan bersama, seperti olahraga atau hobi, agar kecanduan akan rokoknya dapat teralihkan. • Jangan lupa untuk memberikan mereka hadiah sebagai penghargaan atas segala pencapaian yang telah mereka capai. • Apabila kita seorang quitter yang berhasil, kita bisa berbagi pengalaman berharga tersebut, serta perubahan positif yang dirasakan. Selain itu, sebagai seseorang yang sudah berhasil, kita juga bisa memberikan tip dan trik untuk mengatasi masa-masa sulit yang suka menghadang di tengah perjalanan.

Untuk membantu yang masih kambuh:

Sebuah kesuksesan memang tidak diraih dengan mudah. Apabila orang terdekat kita sudah merasa mulai putus asa dan berencana menyudahi perjuangan mereka melawan rokok, kita bisa mendorongnya mereka kembali dengan:

• Memberikan pujian atas segala usaha dan pencapaian yang sudah mereka coba untuk bisa lepas dari rokok. Dan, bantu pupuk kembali keyakinan dan kepercayaan diri yang ada bahwa mereka mampu melakukan yang lebih dari ini. • Lalu, dorong mereka untuk mulai melakukan program berhenti merokok lagi. Jangan tawarkan kata “Jika”, lebih baik langsung tanyakan “Kapan kamu mau mencoba program berhenti merokok lagi?” • Buat mereka belajar dari usaha dan pengalamannya sendiri. Hal-hal yang mereka pelajari langsung di lapangan akan membuat mereka mampu meraih kesuksesan di masa yang akan datang. • Atau, minta mereka untuk mencoba mengikuti perawatan yang intensif. Dan pastikan, mereka sudah benar-benar siap untuk memulainya kembali. (PreventionIndonesiaonline/Astrid Anastasia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com