Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target 5.000 Kantung Darah dari 19 Kota

Kompas.com - 23/07/2010, 12:43 WIB

Jakarta, Kompas.com — Menggunakan momentum perayaan hari jadinya yang ke-19, Tupperware Indonesia menggelar aksi donor darah yang dilaksanakan serentak di 19 kota di Indonesia pada 23-24 Juli 2010. Bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia, diharapkan terkumpul 5.000 kantung darah dari kegiatan ini.

"Tupperware identik dengan wanita dan kaum wanita selama ini terkenal dengan kepedulian sosialnya yang tinggi. Karena itu, kami kembali melakukan kegiatan ini dan mengajak masyarakat berpartisipasi," kata Nining W Permana, Managing Director PT Tupperware Indonesia ketika membuka acara donor darah di Jakarta, Jumat (23/7/2010).

Untuk melawan rasa takut dan menghapus pandangan keliru tentang donor darah, Tupperware memperkenalkan "aksi berantai", yakni mengajak pasangan atau keluarga untuk ikut menemani mendonorkan darahnya. "Sambil memberi dukungan moril, siapa tahu orang yang kita ajak ini tertarik untuk mendonor juga," kata Nining.

Kegiatan donor darah tersebut merupakan yang ketiga kali sejak dimulai pada 2008. Tahun 2009 tercatat lebih dari 1.400 pendonor datang ke lokasi acara dan mendonorkan darahnya.

Sebagai negara yang rentan terkena bencana alam, Indonesia idealnya memiliki cadangan 4,6 juta kantong darah. Namun, baru 40 persennya yang terpenuhi. "Menurut WHO, persediaan jumlah darah seharunya 2 persen dari jumlah penduduk," kata dr Farid Husein dari PMI Pusat. Ia mengatakan, penerima donor terbanyak di Indonesia adalah kaum perempuan karena kasus perdarahan akibat persalinan masih tinggi.

Kegiatan tersebut juga dimeriahkan para selebritis ibu kota dan para tokoh Tupperware SheCAN yang diharapkan bisa memberikan contoh bagi masyarakat. Dalam kegiatan di Jakarta, tampak beberapa aktris dan penyanyi ternama, seperti Dik Doank, Shahnaz Haque dan suaminya Gilang Ramadhan, pasangan Donna Agnesia dan Darius, dan Robby Tumewu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com