Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerai PMI Salurkan 652 Kantong Darah

Kompas.com - 29/07/2010, 09:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Gerai Donor Darah PMI yang dibuka di sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta memberikan kontribusi dengan telah mendistribusikan 652 kantong darah ke delapan daerah yang membutuhkan.

"Data terakhir mencatat, sudah 652 kantong darah dikirimkan ke berbagai daerah," kata Koordinator Pelaksana Program Gerai Donor Darah PMI Tina Sukmawardani, dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Kamis (29/7/2010).

Dia memaparkan, selain DKI Jakarta, daerah lainnya yang menerima kantong daerah adalah Cianjur, Garut, Depok, Yogyakarta, Banda Aceh, Mataram, dan Batam.

Tina menuturkan, semua kantong darah yang dikirim telah melalui tahap pemeriksaan sehingga sudah dinyatakan bebas dari semua penyakit.

Selain itu, lanjutnya, darah juga telah dikirimkan secepatnya agar bisa segera sampai ke daerah tujuan.

Darah yang aman dan bebas dari penyakit itu disimpan dalam peti pendingin khusus sehingga mampu bertahan hingga 10 jam.

Tina mengutarakan harapannya agar semakin banyak masyarakat yang mendonorkan darahnya melalui Gerai Donor Darah PMI agar sumbangan darah ini bisa secepatnya didistribusikan ke seluruh wilayah di Indonesia.

PMI telah membuka Gerai Donor Darah di Senayan City Mal sejak 14 Juni 2010 dan juga di Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat sejak 16 Juli.

Dalam satu hari, satu Gerai Donor Darah bisa menyumbangkan hingga mencapai sebanyak 30-40 kantong darah dari para pendonor.

Rencananya, PMI juga akan membuka Gerak Donor Darah yang berikutnya di Kampus Universitas Trisakti pada Agustus mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com