Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ukuran" Tentukan Kepuasan?

Kompas.com - 03/08/2010, 07:43 WIB

TANYA : Yang terhormat Prof. Wimpie dan Redaksi. Saya berencana menikah sebulan ke depan, namun yang menjadi persoalan buat saya adalah ukuran penis saya diameter 2.5 cm dan panjang 11.5 cm dan kalau tidak sedang ereksi penis saya cuma 1.5 cm diameternya dan panjangnya 6 cm saja.

Selama ini, saya belum pernah menggunakan penis saya dalam hubungan intim. Yang menjadi kekhawatiran saya, apakah nantinya penis saya dari bentuk dan ukurannya bisa menyenangkan wanita (istri saya) dalam berhubungan intim?

Sebab saya merasa kurang pede jika melihat penis dalam video porno dan teman-teman saya yang ukurannya sangat jauh di atas punya saya. Apakah sebenarnya ada obat yang bisa memperbesar penis tanpa suntikan. Atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.

Tarihoran (26 Tahun)

JAWAB : Yang perlu diperhatikan, apakah perkembangan kelamin Anda sudah mencapai tahap akhir atau belum. Selain ukuran penis, ada tanda lain untuk menentukan apakah Anda sudah mencapai tahap akhir perkembangan kelamin atau belum, misalnya perkembangan testis, kulit dan otot.

Kalau perkembangan kelamin belum mencapai tahap akhir, maka dapat diberikan pengobatan untuk membantu perkembangan penis. Tetapi kalau orang sudah dewasa, pengobatan pada umumnya dapat menghasilkan perkembangan penis tetapi tidak perkembangan testis.

Untuk memastikan apakah perkembangan penis Anda normal atau tidak tentu diperlukan pemeriksaan. Ukuran yang Anda sampaikan mungkin benar, mungkin juga salah, karena tergantung apakah pengukuran yang Anda lakukan sudah benar.

Lebih jauh, bagaimana ereksi penis ketika menerima rangsangan seksual. Kalau Anda dapat mencapai ereksi secara optimal, pada umumnya pasangan Anda dapat merasa puas asal dia tidak mengalami gangguan fungsi seksual apapun. Ereksi yang optimal merupakan faktor terpenting bagi pihak perempuan untuk dapat menerima rangsangan yang efektif dan mencapai kepuasan seksual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com