Rabu, 3 September 2014 01:57

LIFESTYLE / FOOD - ARTIKEL

Salad, Makanan Kebijaksanaan

Rabu, 4 Agustus 2010 | 10:02 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
shutterstock

Kompas.com - Menurut sebuah catatan, salad dan khususnya sayur lettuce merupakan jenis makanan berkelas tinggi. Ada yang menyebutnya sebagai "makanan kebijaksanaan". Bapak kedokteran dunia, Hippocrates, percaya bahwa salad makanan yang mudah dicerna dan memiliki efek pembersihan.

Di zaman Raja Louis XIV dari Perancis pada abad 17, ada tulisan mengenai salad yang berbunyi seperti ini: "Aku perintahkan makan salad kepada semua orang yang mempercayaiku karena salad menyegarkan tanpa membuat lemah, dan menenangkan tanpa mengganggu, yang sering kusebut sebagai pembuat awet muda."

Kutipan tersebut sekadar mau menggambarkan bahwa salad merupakan makanan yang mewah dan sangat bergengsi, yang menjadi hidangan penting bagi kalangan aristrokat. Dalam tradisi makan orang-orang Barat, salad dihidangkan dengan memikul berbagai fungsi.

Selama ini kebanyakan orang mengenal salad sebagai makanan pembuka (appetizer salad). Biasanya salad yang dihidangkan cukup ringan, dengan maksud untuk merangsang selera mengingat salad dihidangkan sebagai menu pertama dari serangkaian hidangan.

Selain itu ada juga yang disebut side salads, yaitu hidangan salad yang berfungsi sebagai pendamping makanan utama dan dihidangkan bersama-sama dengan makanan utama. Ada lagi jenis salad yang dihidangkan sebagai makanan utama, yang disebut entree salad. Biasanya terdiri dari sumber protein, semisal dada ayam atau daging sapi yang dipotong tipis.

Jenis salad yang lain lagi disebut palate-cleansing salads, yang dihidangkan justru setelah menyantap makanan utama. Fungsinya untuk membuat perut terasa nyaman. Salad yang lain lagi disebut dessert salads, yang dihidangkan sebagai makanan penutup. Biasanya rasa salad ini manis, seperti gelatin atau whipped cream. (GHS/Widya Saraswati)


Sumber :
Tabloid Gaya Hidup Sehat
Editor :
Lusia Kus Anna

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui