Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dingin Panas Selalu Berkeringat Banyak, Kenapa?

Kompas.com - 09/08/2010, 13:53 WIB

TANYA :  Dokter, anak saya laki-laki berusia 8 tahun. Dalam keadaan biasa saja, ia bisa berkeringat banyak, apalagi saat udara panas, keringatnya berlebihan. Dalam udara dingin pun ia berkeringat, terutama pada telapak tangan, lipatan kaki dan leher. 

Apakah anak saya mengalami kelainan, atau itu hanya gejala? Apakah itu berbahaya, sebab tanda-tanda berkeringat itu ada yang bilang tandanya lemah jantung? Ke dokter mana sebaiknya anak saya diperiksa? Terima kasih atas perhatian dokter.

Bensar Wardaya (42)

JAWAB :

Bapak Bensar yang baik,

Berkeringat banyak pada seorang anak usia sekolah seperti putra Bapak dapat saja merupakan kondisi yang normal saja, apalagi bila akitivitas fisiknya juga berlebih. Meski demikian, beberapa hal yang perlu diperhatikan sehubungan dengan kondisi tersebut adalah apakah ia sering mengalami berdebar-debar, sering gemetaran, sering merasa lapar atau sering buang air besar (lebih dari 2x/hari).

Bagaimana pula dengan sifat atau perangainya? Apakah ia pemalu, introvert? Bagaimana pola asuh di rumah maupun di sekolah/lingkungan bermain seperti sering menerima kekerasan verbal (dimarahi, dibentak, tertekan/depresi) dan sebagainya. Bila semua tidak dialaminya maka kemungkinan besar kondisi keringat seperti ini masih dalam batas normal saja.

Bapak dapat saja berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis anak terdekat untuk mendapatkan penjelasan yang lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com