Jumat, 25 Juli 2014 17:27

LIFESTYLE / FITNES - ARTIKEL

Obat Ngantuk Tanpa Efek Buruk

Kamis, 12 Agustus 2010 | 11:24 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

Kafein bisa jadi tamba ngantuk alias obat ngantuk. Namun, di balik itu juga tersembunyi efek buruk, misalnya justru akan memicu gangguan tidur. Lagi pula, di bulan puasa seperti sekarang tentu tak mungkin menenggak secangkir kopi di siang hari. Untuk mengusir kantuk, cobalah "obat" kantuk alami ini:

1. Jalan-jalan Menurut Prof.Robert Thayer, dari California State University, AS, jalan-jalan selama 10 menit lebih baik ketimbang makan permen, untuk meningkatkan energi dan membuat Anda melek, bila saat di kantor Anda mengantuk.

2. Sejenak terlelap "Jangan lebih dari satu jam, cukup 5-25 menit," tulis Dr.Barry Krakow dalam bukunya Sound Sleep, Sound Mind: Seven Keys to Sleeping Through the Night. Jika di kantor tidak ada ruang tidur khusus, jangan menelungkup ke meja. "Duduk rileks di kursi dengan mata terpejam selama 10 menit saja juga cukup membantu," ujar Dr.Allison T.Siebern dari Stanford University Sleep Medicine Center, AS.

3. Istirahatkan mata Secara berkala palingkan mata dari layar komputer selama beberapa menit supaya rileks. Senam mata juga baik, seperti melirik ke kanan dan ke kiri, ke atas dan ke bawah.

4. Mengobrol Membicarakan hal-hal menarik dengan rekan kerja akan menggugah pikiran, sehingga mata pun terjaga. Tentu saja jangan berlebihan, apalagi sampai bergosip tentang teman sekantor yang lain.

5. Lakukan pernapasan Pernapasan dalam akan meningkatkan kadar oksigen darah, memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, memperlancar sirkulasi, menambah performa mental serta energi.

6. Lakukan tugas lain Pekerjaan yang menoton bisa membuat Anda mengantuk. Coba tinggalkan dulu tugas yang sedang Anda hadapi dan kerjakan tugas lain yang juga menjadi porsi Anda untuk merangsang pikiran.

7. Berolahraga Sebuah studi yang pernah dilakukan para peneliti dari University of Georgia terhadap 6.800 orang memperlihatkan bahwa olahraga efektif untuk meningkatkan energi dan mengurangi rasa kantuk di siang hari, bila dibandingkan dengan penggunaan obat-obatan untuk mengatasi gangguan tidur. Olahraga teratur juga akan memperbaiki kualitas tidur. Dianjurkan untuk berolahraga 30 menit, 3-4 kali seminggu. (GHS/Rin)  


Sumber :
Tabloid Gaya Hidup Sehat
Editor :
Lusia Kus Anna

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui