Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efek Samping Memakai Pil KB

Kompas.com - 13/08/2010, 07:41 WIB

TANYA :

Dok, saya sudah menggunakan pil KB ( excluton 28 ) selama hampir 2,5 tahun. Apakah ada efek sampingnya bila telah sekian lama mengkonsumsi pil KB tersebut, karena saat-saat ini saya terkadang merasa perut saya sakit dan dada saya nyeri ( saya takutnya jantung ). Apakah saya harus mengganti sistem KB saya? Mengingat saya pernah menggunakan spiral tapi karena perdarahan akhirnya di ganti pil KB. Terimakasih atas jawabannya..   Devi (35 tahun)

JAWAB :

Terima kasih ibu atas emailnya. Pemakaian KB Excluton, umumnya dilakukan pada ibu menyusui. Dan biasanya paling lama ibu menyusui selama 2 tahun. Keluhan yang timbul bukan karena KB Excluton yang terlalu lama.

Namun demikian, ada baiknya pemakaian KB tersebut dihentikan saja dulu kurang lebih selama 1 bulan. Untuk sementara, ibu dapat menggunakan KB Kondom. Setelah itu, pada haid yang akan datang ibu dapat memakai pil KB yang lain. Untuk keluhan ibu, ada baiknya ibu berkonsultasi ke dokter penyakit dalam. Demikian jawaban dari saya, mudah-mudahan ibu berkenan. Terima Kasih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com