Selasa, 22 Juli 2014 18:22

LIFESTYLE / FITNES - ARTIKEL

Treadmill Tepat, Manfaat Berlipat

Penulis : Lusia Kus Anna | Selasa, 17 Agustus 2010 | 12:43 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

Kompas.com - Sehat kini mulai menjadi kebutuhan orang modern. Lihat saja ramainya pusat-pusat kebugaran (gym) setiap hari. Bagi mereka yang sangat sibuk, olahraga di rumah dengan berbagai perlengkapan olahraga menjadi pilihan.

Treadmill merupakan salah satu alat olahraga terpopuler yang banyak dimiliki orang di rumahnya. Dibandingkan berbagai alat kardio lainnya, treadmill membakar kalori lebih banyak. Satu mil berjalan cepat mampu membakar sekitar 100 kalori. Keunggulan lain dari treadmill adalah mampu beradaptasi dengan berbagai level latihan dan variasi kecepatan mulai dari berjalan hingga berlari.

Namun, harga alat berjalan ini tergolong cukup mahal. Karena itu diperlukan pertimbangan matang agar kita tidak kecewa dengan treadmill yang sudah dibeli. Salah satu hal yang menentukan kenyamanan treadmill adalah permukaan tempat berjalan. Pilihlah yang permukaannya cukup panjang sehingga memudahkan kita beradaptasi.

Seperti layaknya barang elektronik lain, makin banyak fitur yang dimiliki treadmill akan semakin baik. Misalnya, terdapat pilihan kecepatan, jenit tanjakan yang telah diprogram sebelumnya, adanya monitor yang menggambarkan detak jantung, serta mudah dioperasikan.

Salah satu treadmill yang cukup lengkap fiturnya dan baru saja diluncurkan adalah Adaptive Motion Trainer produksi Precor, produsen alat fitnes asal Amerika. Produk Adaptive Motion Trainer (AMT) ini merupakan perpaduan tiga alat fitnes, yakni mesin steper, treadmill dan cross trainer. Sejak diluncurkan, AMT telah meraih berbagai penghargaan sebagai alat fitnes terbaik.

Menurut Mulkan Yazid Tanjung, Head of Regional Precon Indonesia, AMT merupakan satu-satunya alat fitnes di dunia yang dapat beradaptasi dengan gerak tubuh manusia. "Konsep mesin ini untuk memberi keleluasaan pada pengguna apakah mau melakukan gerakan berlari atau hanya melakukan langkah kecil. Di banding treadmill biasa, alat ini lebih memberikan variasi gerak," katanya.

Produk yang sudah dikembangkan sejak empat tahun lalu itu juga memungkinkan penggunanya mengubah gerakan secara instan tanpa perlu menekan tombol apa pun. Kecanggihan lainnya adalah tidak menggunakan listrik karena saat kita gunakan untuk bergerak atau berputar akan menimbulkan listrik secara otomatis.

Tentu saja, semakin canggih fitur yang ditawarkan, biasanya semakin mahal alat olahraga tersebut. Karena itu pastikan Anda mendapatkan garansi untuk treadmill yang sudah dibeli dan tanyakan kepada penjualnya kondisi kerusakan apa saja yang ditanggung oleh produsen. Selamat berolahraga!



IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui