Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mata : Tak Selalu Vitamin A

Kompas.com - 17/08/2010, 14:05 WIB

Sejak kecil hingga sekarang, jika ada yang bertanya tentang vitamin apa yang baik untuk mata? Pasti hampir semua dari kita akan menjawab, vitamin A. Itu sama sekali tidak salah. Tapi ternyata, selain wortel, masih banyak nutrisi dan vitamin lain yang sama pentingnya dalam menjaga kesehatan mata kita! Berikut teman-teman wortel lain yang harus dimasukkan ke dalam menu  harian kita.

Saat berbicara mengenai kesehatan mata, vitamin A dan beta karoten merupakan dua hal yang sangat kita butuhkan. Tidak hanya itu, kedua nutrisi ini bisa mencegah terjadinya rabun senja dan meningkatkan daya pengelihatan kita, terutama saat malam hari. Plus, mereka juga dibutuhkan oleh retina untuk menyesuaikan perubahan cahaya yang masuk. Temukan dalam wortel, minyak hati ikan kod, ubi, hati, kuning telur, bayam, labu, dan sayuran berwarna lainnya.

Lindungi mata dan sel dari serangan radikal bebas dengan mengonsumsi vitamin C. Dan ujungnya untuk mencegah terjadinya segala penyakit mata. Vitamin C juga bisa membantu menurunkan tekanan di dalam mata bagi para penderita glukoma.

Temukan dalam buah-buah sitrus, melon, beri-berian, tomat, paprika, kiwi, dan kentang.

Vitamin E akan melindungi organ pengelihatan kita dari penyakit mata seperti, katarak dan degenerasi makula. Dua kondisi tersebut merupakan penyakit mata yang berkaitan dengan kerusakan makula hingga pusat retina, yang bisa memicu terjadinya kebutaan. Temukan dalam kacang almon, minyak sayur, gandum, sayuran hijau, dan lemak susu.

(PreventionIndonesiaonline/Astrid Anastasia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com