Sabtu, 20 Desember 2014 22:49

KONSULTASI / SEKS - ARTIKEL

KONSULTASI SEKS

Bersama Prof Dr dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS 

Guru Besar pada Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Kini dia menjabat sebagai Kepala Bagian Andrologi dan Seksologi, Ketua Pusat Studi Anti-Aging Medicine, dan Ketua Program Magister dengan kekhususan Anti-Aging Medicine dan kekhususan Ilmu Kedokteran Reproduksi. Prof Wimpie juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI), Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Andrologi Indonesia (Persandi), dan Wakil Ketua Perhimpunan Kedokteran Anti Penuaan Indonesia (Perkapi).

Tak Pernah Lagi Ereksi Pagi, Ada Apa?

Kamis, 19 Agustus 2010 | 07:31 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
Shutterstock
Ilustrasi

TANYA : Yang terhormat Prof. Wimpie Pangkahila dan Redaksi. Terimakasih karena telah menyediakan sarana konsultasi di website ini. Kekhawatiran yang selalu menghantui saya selama ini adalah organ seksual saya hampir tidak pernah ereksi ketika pada saat saya bangun dari tidur terutama di pagi hari.

Sementara sebagian besar pria pasti selalu mengalami ereksi. Apakah ini termasuk penyakit? Apa yang sebaiknya saya lakukan Prof?  Selain itu, organ seksual saya juga berukuran kecil, mohon sarannya Prof  untuk segala bantuannya diucapkan terimakasih.   Andre (25)

JAWAB :  Ereksi penis yang terjadi pada pagi hari sebenarnya adalah sisa ereksi spontan yang terjadi selama tidur malam. Artinya, ereksi spontan itu sebenarnya terjadi selama tidur malam, bukan pada pagi hari. Ereksi yang biasa dirasakan pada pagi hari adalah sisa ereksi pada malam hari itu.

Kalau Anda merasa tidak mengalami ereksi ketika bangun tidur pagi, bukan berarti Anda tidak mengalami ereksi spontan itu. Mungkin saja ereksi spontan telah terjadi selama Anda tidur malam. Tetapi sisa ereksinya tidak tampak lagi ketika Anda bangun tidur pada pagi hari.     Terjadinya ereksi spontan malam hari berkaitan erat dengan fungsi hormon testosteron. Pria yang mengalami kekurangan testosteron, jarang atau tidak lagi mengalami ereksi spontan. Tetapi kalau Anda tidak merasakan ereksi ketika bangun tidur pagi hari, bukan berarti Anda telah mengalami kekurangan testosteron.

Boleh jadi, seperti penjelasan di atas, sisa ereksi pada pagi tidak tampak lagi, padahal selama tidur malam ereksi tetap terjadi.  Karena itu, untuk membuktikan ada tidaknya ereksi spontan selama tidur malam, digunakan suatu alat bantu yang digunakan selama tidur malam.     

Mengenai organ seksual yang Anda anggap kecil, saya pikir anggapan Anda belum tentu benar. Banyak orang menganggap ukuran penisnya kecil, padahal sebenarnya normal. Kalau Anda benar ragu, silakan memeriksakan diri. Dengan pemeriksaan yang benar, dapat diketahui apakah organ seksual Anda telah berkembang normal atau tidak.






Editor :
Asep Candra
Tahun

Cm    Kg
Laki-laki    Perempuan


Incorrect please try again

ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat


IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui