Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menimbang Badan

Kompas.com - 19/08/2010, 16:45 WIB

Kompas.com - Puasa diyakini efektif untuk menurunkan berat badan. Apakah Anda sudah penasaran untuk mengetahui penyusutan bobot tubuh di pertengahan bulan Ramadhan ini? Sebelum menimbang, simak tips berikut ini agar Anda bisa mendapatkan hasil yang akurat.

1. Cobalah cek akurasi timbangan rumah Anda dengan menggunakan dumbbell atau alat lainnya yang beratnya terpercaya. Timbang dumbbell tersebut, dan ambilah selisih pembacaan timbangan dengan berat dumbbell yang sesungguhnya sebagai acuan. Apabila pembacaan dumbbell 20 kg ditunjukkan sebesar 21,5 kg, maka Anda harus menyesuaikan pembacaan berat badan Anda dengan menambah 1,5 kg.

2. Saat menimbang yang tepat adalah pagi hari. Lakukan sebelum sarapan pagi (perut kosong) dan setelah buang air kecil dan buang air besar.

3. Minimalkan pakaian yang Anda kenakan ketika menimbang. Atau Anda dapat mengakalinya dengan memakai pakaian yang sama setiap kali menimbang.

4. Lakukan penimbangan secara teratur. Frekuensi yang disarankan adalah seminggu sekali. Penting untuk Anda ketahui bahwa lemak dapat terbakar rata-rata 0,5 sampai 1 kg per minggu.

Sumber: Buku Sure-You-Can-Do-Diet dari Nutrifood.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com