Sabtu, 1 November 2014 13:07

NEWS & FEATURES / HEALTH CONCERN - ARTIKEL

Cara Hindari Serangan Vertigo

Rabu, 25 Agustus 2010 | 08:01 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terserang vertigo bisa menjadi masalah berat bagi siapa saja. Pasalnya, selain mengganggu secara fisik seperti kehilangan keseimbangan, vertigo juga kerap mengganggu psikologis.

Seseorang yang terkena vertigo biasanya kerap cemas. Maklum penyakit ini datang tanpa ketuk pintu dulu alias tiba-tiba tanpa pemisi. Meskipun hanya terserang vertigo ringan, penderita sering harus berhenti beraktivitas dan menunggu sampai serangan tersebut berlalu.

Contoh vertigo ringan ini, pergerakan kepala yang mendadak, seperti ketika bangun tidur. Vertigo ringan ini bisa terjadi dalam hitungan detik saja lalu hilang.

Supaya tidak terganggu dengan kedatangan vertigo, penderita bisa menghindari dengan beberapa cara tertentu. Misalnya, cobalah tidur dengan posisi kepala yang agak tinggi. Lalu ketika bangun dari tempat tidur, janganlah membuat gerakan yang mengejutkan. Ada baiknya, bangun tidur secara perlahan dan duduk terlebih dahulu sebelum berdiri.

Anda juga harus hati-hati saat menggerakkan leher dalam posisi mendongak. Jadi, jika mengambil suatu barang atau benda dari ketinggian, hindarilah posisi mendongakkan kepala.

Selain menjaga gerak, pola hidup sehat tentu jadi syarat utama biar terhindar dari vertigo. Jika vertigo merupakan gejala penyakit serius, maka menghindari biang penyebab penyakit itu menjadi kunci biar tidak terkena vertigo.

Makan berlebihan juga dituding menjadi salah satu penyebab munculnya berbagai penyakit. Dengan makan berlebihan, maka makanan yang ada hanya tertimbun dalam tubuh sehingga tidak keluar melalui energi.

"Hindari makan karbohidrat terlalu banyak," saran Suhanto Kasmali, Dokter Umum dari Rumah Sakit Mediros, Jakarta Timur. Penimbunan energi ini yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi atau tingginya gula darah.

Selain menjaga asupan karbohidrat, pola hidup sehat dengan mengurangi makanan dan minuman mengandung alkohol, kafein, dan juga makanan berminyak wajib hukumnya karena bisa menjaga tubuh tetap sehat.

Alergi juga bisa menjadi salah satu pemicu vertigo. Alergi dapat menyebabkan terkumpulnya cairan dalam telinga dalam dan gejalanya mirip dengan sindrom meniere alias kerusakan telinga bagian dalam yang berakibat pada pendengaran dan keseimbangan. Maka, menghindari makanan yang dapat merangsang alergi menjadi salah satu cara terhindar dari serangan vertigo.

Jadi sebaiknya Anda tidak berlebihan mengonsumsi makanan yang merangsang alergi seperti seafood, bila tak ingin vertigo menyerang. (Sanny Cicilia Simbolon)


Sumber :
KONTAN
Editor :
Asep Candra

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui