Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brokoli Cegah Radang Usus Besar

Kompas.com - 26/08/2010, 11:02 WIB

KOMPAS.com — Sayur-mayur merupakan sumber serat dan vitamin yang wajib kita konsumsi. Penelitian menunjukkan, brokoli termasuk dalam jenis sayur yang punya kemampuan untuk meningkatkan kesehatan organ pencernaan, khususnya untuk mencegah radang usus besar.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh tim dari University of Liverpool diketahui, serat dari brokoli akan meningkatkan kemampuan alami tubuh untuk melawan infeksi para pencernaan. Karena itu, dilakukan penelitian lebih dalam untuk melihat apakah brokoli bisa dipakai sebagai obat untuk pasien penyakit crohn atau radang usus besar.

Penderita penyakit crohn biasanya mengalami keterbatasan menyerap cukup nutrisi. Gejala utama penyakit ini adalah diare berkepanjangan, kejang atau sakit perut, adanya darah di dalam tinja, kelelahan, dan menurunnya berat badan.

Penyakit crohn diderita sekitar 1 dari 1.000 orang dan sering dialami oleh orang yang pola makannya rendah serat dan lebih banyak mengonsumsi makanan yang diproses atau diawetkan.

Hasil penelitian menunjukkan, serat dari sayuran, seperti yang berasal dari brokoli, ternyata mencegah bakteri masuk ke dalam sel-sel usus. Saat ini para ahli tengah menguji efek serat brokoli terhadap 76 pasien chron untuk melihat apakah penyakit mereka akan hilang setelah rutin mengonsumsi brokoli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com