Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Garam Tersembunyi

Kompas.com - 27/08/2010, 11:05 WIB

KOMPAS.com — Sebenarnya sodium atau garam berperan penting dalam mempertahankan keseimbangan cairan di dalam tubuh. Sodium juga diperlukan agar otot dan saraf berfungsi optimal, meski bila dikonsumsi berlebihan akan berefek buruk bagi kesehatan.

Panduan dari FDA, asupan sodium kurang dari 2.400 mg per hari. Jumlah ini setara dengan satu sendok teh garam meja. Untuk membatasi asupan garam, cermati berbagai makanan yang "menyimpan" garam dengan kadar cukup besar.

1. Makanan beku Makanan beku biasanya padat sodium. Guna memastikan, baca labelnya terlebih dahulu.

2. Sayuran kaleng Biasanya mengandung bahan pengawet atau saus dan penambah rasa, yang tentu saja menambah sodium. Satu cangkir jagung dengan krim dalam kaleng mengandung setidaknya 730 mg sodium. Bila Anda tetap ingin menggunakan sayuran kaleng, cuci terlebih dulu atau beli sayuran kaleng tanpa garam.

3. Sup kaleng Sup kaleng atau siap masak biasanya padat sodium. Satu cangkir sup mi ayam kaleng mengandung sekitar 1.106 mg sodium.

4. Kacang goreng Kacang tanah goreng sudah menjadi kudapan sehari-hari. Sayangnya kacang goreng ini biasanya ditambahkan garam. Daripada digoreng dan ditambahi garam, lebih baik direbus saja.

5. Kurangi kudapan Sejumlah kudapan mengandung sodium. Keripik kentang, misalnya, mengandung 149 mg dalam setiap 28 gramnya.

6. Perhatikan nama lainnya Saat membaca label makanan, jangan hanya mencari kata garam. Nama lain untuk garam adalah sodium, sodium alginat, sodium askorbat, sodium benzoat, disodium fosfat, monosodium glutamat, natrium.

7. Bahan perendam saus Saus teriyaki tergolong tinggi sodium. Satu sendok makan saus teriyaki setidaknya mengandung 690 mg soidum. Saus juga mengandung sodium. Satu sendok makan saus mengandung 179 mg sodium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com