Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ssst... Jangan Bengong di Tempat Umum!

Kompas.com - 27/08/2010, 14:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Aksi penjahat semakin pintar, salah satunya dengan memanfaatkan hipnotis. Kejahatan memanfaatkan pikiran ini kerap terjadi jelang mudik Lebaran.

Menurut praktisi Hipnoterapi, Mardigu Wowiek Prasantyo, ada cara untuk mengatasi aksi hipnotis. "Caranya dengan mengendalikan internal focus. Internal focus harus ada isinya. Intinya jangan pernah membiarkan pikiran kita kosong," kata Mardigu saat dihubungi Kompas.com di Jakarta, Jumat (27/8/2010).

Mardigu melanjutkan, isilah pikiran agar tidak kosong dengan banyak berzikir juga dengan mengingat Tuhan. "Jangan bengong di tempat-tempat umum," kata dia.

Menurut Mardigu, itulah satu-satunya cara mengatasi aksi hipnotis. Tidak ada lagi yang bisa dilakukan jika setelah seseorang menjadi target penghipnotis. Jika penghipnotis beraksi, maka korban tidak menyadari apa yang telah menimpanya.

Pemilik sekolah bernama Hipnotize Training Institute of Indonesia (HTI) ini juga menambahkan, penting juga bagi pemudik untuk menjaga jarak dengan orang asing atau yang ingin berkenalan.

Pelaku kejahatan dengan hipnotis selalu melakukan pengamatan terlebih dahulu. "Istilahnya kalibrasi (mencari target)," kata dia.

Seorang penghipnotis juga membutuhkan jarak sentuh dan biasanya mereka memerhatikan mata. Kejahatan menghipnotis memang marak menjelang Lebaran.

Kasus paling aktual terkait hal ini adalah perampokan sebuah minimarket di Lampung. Polisi berhasil menangkap para pelaku yang merupakan dua warga negara asing.

Kejahatan dengan hipnotis sering digunakan para penjahat karena aksi ini sulit dilacak, tidak menggunakan media, seperti pisau atau benda tajam lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com