Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Gula Tak Menyebabkan Penuaan Dini

Kompas.com - 01/09/2010, 12:01 WIB

KOMPAS.com - Baru-baru ini, British Journal of Dermatology melaporkan bahwa gula bisa menyebabkan kulit kehilangan kekenyalan dan terlihat berkeriput. Apa yang bisa kita lakukan agar hal itu tidak terjadi pada kita terlalu dini?

1. Kurangi asupan makanan manis dari menu makanan harian Anda. Tak mudah untuk menghilangkan gula secara keseluruhan. Makanan seperti whole grains, buah-buahan, dan sayuran akan berubah menjadi glukosa. Coba kurangi asupan gula tambahan.

Berhati-hatilah terhadap gula yang tersembunyi. Banyak makanan cepat saji mengandung gula dalam jumlah banyak. Kadang, di panel zat kandungan pada bungkus, gula bersembunyi dalam nama samaran, seperti barley malt, corn syrup, dextrose, fruit juice concentrate, maltosa, sirup mapel, molasses, dan turbinado-on.

Kuncinya adalah memperkirakan seberapa banyak sendok teh gula per saji yang ada dalam produk tersebut. Cek label nutrisi untuk gula, yang akan tertulis dalam ukuran gram dibanding total karbohidrat, lalu bagilah 4 (setiap sendok teh gula sama dengan 4 g) untuk mengetahui jumlahnya dalam ukuran sendok teh. Misal, jika gula yang ada dalam makanan Anda tertulis sebanyak 12 g, berarti Anda mengasup 3 sendok teh gula per saji.

2. Tambahkan 1mg vitamin B1 dan B6 per hari. Vitamin-vitamin ini terbukti bisa melawan inhibitor AGE dalam beberapa studi, ujar David J. Goldberg, MD, profesor dermatolog di Mount Sinai School of Medicine. B1 dan B6 banyak terkandung di dalam makanan, tetapi mengkonsumsi multivitamin akan memastikan Anda mendapatkan asupan ini.

3. Kenakan tabir surya SPF 30 setiap hari. Secara signifikan, AGEs (Lihat Gula Bisa Bikin Keriput?) terjadi pada kulit yang terekspos matahari ketimbang kulit yang terlindungi.

4. Perlindungan antioksidan. Antioksidan adalah penangkal radikal bebas yang bisa mencegah gula menempel pada protein. Jadi, jangan lupa mengkonsumsi buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran yang kaya akan antioksidan. Contohnya; cranberry, walnut, paprika merah, dan mengoleskan antioksidan pada kulit, seperti lotion dari teh hijau, vitamin C, dan vitamin E.

5. Gunakan kandungan yang melindungi kulit dari gula. Sejumlah produk yang mengandung aminoguanidine dan alistin, dipercaya bisa menahan terbentuknya AGEs. Aminoguanidine menangkap molekul yang memulai proses glycation dan mencegahnya untuk membentuk ikatan dengan kolagen dan elastin. Sementara Alistin bertugas sebagai umpan, sehingga zat tersebutlah yang akan rusak, bukan protein kulit Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com