Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tip Sederhana Sempurnakan Bentuk Otot

Kompas.com - 03/09/2010, 09:05 WIB

Kompas.com - Memiliki badan yang ramping dengan otot yang kencang merupakan impian banyak pria dan wanita. Namun karena takut badan terlihat kokoh seperti para body builder, banyak yang takut berlatih angkat beban. Padahal, tidak semua latihan beban otomatis akan membentuk otot.

Untuk mendapatkan badan yang berotot, latihan angkat beban memang mutlak dilakukan. Tetapi membangun otot juga bukan perkara mudah karena di luar latihan kita juga perlu memperhatikan asupan kalori, yakni lebih banyak dari asupan kalori harian yang sekitar 2000 kalori untuk orang dewasa. Beberapa jenis nutrisi juga diperlukan untuk menunjang pembentukan jaringan otot, terutama protein.

Apabila tujuan Anda adalah untuk mengencangkan tubuh sekaligus menyingkirkan lemak, disarankan untuk melakukan serangkaian latihan angkat beban dengan sedikit pengulangan.  Pada penelitian yang dilakukan terhadap sekelompok wanita yang melakukan latihan kekuatan otot diketahui mereka yang melakukan latihan dengan beban lebih berat namun sedikit pengulangan, membakar energi lebih banyak dan metabolismenya lebih cepat setelah latihan.

Dalam penelitian lain yang dipublikasikan tahun 2009, para ahli mengikuti riwayat kesehatan 122 wanita selama enam tahun. Para wanita yang melakukan latihan kekuatan otot tiga kali seminggu dengan hitungan maksimal 8 set memiliki kemampuan membakar lemak tubuh hingga 70 persen.

Berkurangnya lemak di bagian perut juga terlihat pada mereka yang melakukan latihan beban dua kali seminggu selama dua tahun. Karena itu para ahli lebih merekomendasikan untuk menambah beban dengan sedikit pengulangan agar massa otot lebih kencang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com