Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasi Sumsum Beras Merah Si Penebar Wangi

Kompas.com - 03/09/2010, 11:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelajah Banten belum terasa lengkap apabila belum merasakan nasi sumsum. Ada beberapa penjual nasi sumsum di provinsi pecahan Jawa Barat ini. Salah satunya, Puri Sumsum. Kedai yang cukup terkenal di Banten ini sudah ada sejak tahun 1941.

Nama Puri Sumsum diambil dari nama pemiliknya yang biasa dipanggil Mang Puri. Saat ini kedai tersebut tetap beroperasi dan dikelola secara turun-temurun oleh anaknya Ari.

Adapun nasi sumsum yang ada di kedai Puri Sumsum terbuat dari nasi beras merah dan bumbu yang terbuat dari rempah-rempah alami dan dicampur dengan sumsum, lalu dibungkus daun pisang, dan dipanggang di atas arang.

Proses menyajikan nasi sumsum cukup sederhana. Ari cuma menghangatkan bungkus nasi selama beberapa saat. Sebelum dipanaskan, nasi memang sudah dipanggang bersama bungkusnya seperti tampak dari warna hitam pada sebagian bungkus yang hangus karena terbakar api.

Setelah itu, bungkusan dibuka dan daun pisang yang semula membungkus nasi dijadikan alas piring. Aroma nasi sumsum yang khas pun langsung keluar. Ari lantas menambah beberapa potong irisan tomat dan mentimun. Sepotong jeruk purut yang sudah dibelah juga ditaruh di sana.

Nasi sumsum dijual dengan harga cukup terjangkau dan tidak menguras isi kantong. Cukup dengan Rp 10.000, pengunjung sudah mendapatkan satu porsi nasi sumsum. Nasi sumsum akan terasa lebih lezat bila ditemani sate kerbau, yang tentu saja tersedia di kedai ini.

Rasa pedas tampak dari warna nasi yang kemerah-merahan akibat pengaruh cabai dalam campuran bumbu. Yang jelas, lidah tak mau menolak suapan dan mengirim pesan ke otak bahwa belum pernah ada rasa nasi seenak dan segurih ini sebelumnya.

Rahasia rasa dan kekenyalannya ada pada cara pembuatan. Menurut Ari, baik nasi maupun sumsumnya dikukus terlebih dahulu. Baru kemudian keduanya dicampur dan diaduk hingga merata. Setelah itu, campuran nasi dan sumsum ini dibungkus dengan daun pisang. Tak lupa diselipi satu potongan batang sereh di tiap bungkusnya.

Batang sereh memang salah satu ciri khas nasi sumsum Mang Puri. Daun ini pula yang memberi kontribusi aroma wangi pada nasi sumsumnya. Malah ketika nasi dikukus pun (sebelum dicampur sumsum) sudah diberi sereh sebagai penambah aroma. Hasilnya, nasi sumsum Mang Puri selalu menebar wangi alami bagi penikmatnya. (Dian Anditya Mutiara)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com