Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komplikasi Penyakit Gusi

Kompas.com - 04/09/2010, 12:04 WIB

Kompas.com - Penyakit gusi yang parah (periodontitis) tidak hanya merusak gusi, tapi juga beresiko tinggi terkena berbagai penyakit kronis. Hal ini disebabkan karena bakteri penyebab gigi dan mulut yang mengalir melalui peredaran darah yang kemudian menyebabkan penyakit di bagian tubuh lain. Hal ini dikenal dengan teori fokal infeksi.

Menurut para ahli dari Mayo Clinic, kondisi periodontitis bisa meningkatkan risiko penyakit kronis sebagai berikut:

- Penyakit jantung dan stroke Penelitian menunjukkan adanya hubungan antara bakteri mulut dengan tersumbatnya arteri dan pembekuan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Semakin parah penyakit gusinya, makin tinggi risikonya.

- Kadar gula darah yang tak terkendali Penderita diabetes memang beresiko lebih besar terkena penyakit gusi maupun infeksi lain. Begitu juga sebaliknya, infeksi mulut juga membuat kadar gula darah sulit dikendalikan.

- Pneumonia Jika Anda menderita penyakit gusi yang parah dan paru bermasalah, menghirup bakteri dari mulut ke paru dapat menyebabkan pneumonia atau radang paru.

- Osteoporosis Para ahli menduga adanya hubungan antara penurunan densitas mineral tulang pada osteoporosis dengan peningkatan kerentanan terhadap bakteri mulut. Jika osteoporosis juga menyebabkan tulang mulut kehilangan densitasnya, maka hal ini akan meningkatkan risiko terkena gusi dan gigi tanggal.

- Komplikasi pada kehamilan Penelitian terkini menunjukkan bahwa perempuan yang menderita penyakit gusi selama kehamilan beresiko tinggi untuk melahirkan bayi prematur dan berat badan kurang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com