Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencuci Vagina Sebabkan Sakit Saat Berhubungan?

Kompas.com - 16/09/2010, 10:12 WIB

TANYA: Saya sudah menikah dengan istri (32 tahun) selama 10 tahun. Sebelumnya kehidupan seks kami baik-baik saja, sampai akhir-akhir ini istri sering merasa panas dan sakit di vaginanya saat berhubungan intim. Kami sudah ke dokter, tapi tidak ditemukan kelainan apa pun. Apakah obat pencuci vagina bisa menyebabkan hal itu ataukah ada hal lain yang bisa memicu sakit tersebut? Terima kasih atas jawabannya. Bambang Prasetyo (44 tahun)  

JAWAB:     Kalau benar pada pemeriksaan dokter tidak ditemukan apa-apa, dapat dipastikan tidak ada infeksi atau kelainan fisik lain sebagai penyebab timbulnya rasa panas dan sakit, satu-satunya kemungkinan penyebab rasa panas dan sakit ketika melakukan hubungan seksual ialah tidak terjadinya perlendiran vagina pada saat itu.      Tiadanya perlendiran vagina ketika melakukan hubungan seksual dapat disebabkan oleh hal berikut. Pertama, kurangnya rangsangan fisik ataupun psikis. Kedua, ada penyakit tertentu yang berkaitan dengan pembuluh darah. Ketiga, efek samping obat tertentu.      Mengenai obat pencuci vagina, tentu hal itu tergantung pada kandungan di dalam obat itu. Sepanjang obat pencuci vagina tidak berpengaruh terhadap pembuluh darah vagina, tentu tidak akan menghambat perlendiran vagina. Namun, kalau obat pencuci vagina sampai menimbulkan iritasi pada dinding vagina, maka mungkin saja hal itu mengakibatkan timbulnya rasa panas dan sakit seperti yang dialami oleh istri Anda.      Saya sarankan istri Anda berkonsultasi dan mendapat pemeriksaan dari dokter lain sehingga menjadi lebih pasti apa yang sebenarnya dialami.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com