Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susah Menahan BAK dan BAB Selama Hamil

Kompas.com - 17/09/2010, 14:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu peristiwa yang tidak terlupakan dalam kehidupan seorang wanita adalah mengalami masa kehamilan dan proses persalinan. Namun, beberapa situasi mungkin tidak begitu menyenangkan. Selama kehamilan dan setelah melahirkan, beberapa wanita mengalami kesulitan dalam mengontrol air kencing dan BAB atau yang dikenal dengan sebutan inkontinensia.

Normalnya, saraf, sendi, dan otot panggul bekerja sama untuk mempertahankan kontrol atas ekskresi produk-produk limbah. Mereka mengontrol kandung kemih, mempertahankan uretra tetap terbuka atau tertutup, dan mengendalikan otot-otot dubur. Namun karena proses selama kehamilan serta persalinan, maka otot-otot tersebut dapat menjadi terlalu meregang atau bahkan rusak, sehingga kehilangan kontrol atau sensasi pada seluruh daerah tersebut.

Lalu, gejala seperti apakah yang dialami bila mengalami kesulitan mengontrol air kencing dan BAB?  Dan bagaimana penanganan ataupun pencegahannya?

FlyFreeForHealth bersama Pregnancy&me mengundang Anda untuk mengikuti seminar online kesehatan dengan topik, “Kesulitan Menahan Buang Air Kecil & BAB Selama dan Pasca Kehamilan (Keeping it in: Facing the problems of incontinence during and after pregnancy)”, pada hari Selasa, 21 September 2010, pukul 18.00-19.00 WIB, bersama Dr Arthur Tseng, seorang Konsultan di Departemen Uroginekologi, KKH, Singapura dan Guru Klinis dari YLL School of Medicine at National University of Singapore. Ia juga merupakan Instruktur Pembantu di Duke NUS Graduate Medical School dan Editor dari Urogynaecology Connect.

Siapkan perangkat komputer Anda, koneksi internet dan speaker untuk mengikuti presentasi dari Dr. Arthur mengenai topik menarik ini. Anda pun dapat bebas memberikan pertanyaan yang akan langsung di jawab, gratis!

Daftar sekarang melalui SMS. Ketik <alamat email Anda><spasi>PM46SG10 ke +65 98473224 untuk mendapatkan undangan menghadiri webinar ini yang akan dikirimkan ke email Anda. Klik link yang ada di undangan, ikuti langkah-langkah selanjutnya, dan Anda akan dengan mudah memasuki ruang webinar. Untuk informasi lebih lanjut, email ke info@flyfreeforhealth.com atau kunjungi www.flyfreeforhealth.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com