Kamis, 31 Juli 2014 20:00

LIFESTYLE / FOOD - ARTIKEL

Cara Mudah Atasi "Gemuk Air"

Penulis : Lusia Kus Anna | Rabu, 22 September 2010 | 11:38 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

Kompas.com - Kadar sodium yang terlalu tinggi dalam tubuh, dehidrasi, obat-obatan serta pengaruh hormon bisa menyebabkan berat badan bertambah. Untungnya, air yang berlebihan dalam tubuh (water retention) tersebut cukup mudah diatasi. Yang menarik, menurut para ahli dari Mayo Clinic, "gemuk air" kebanyakan disebabkan karena kekurangan minum air putih.

Untuk mengatasi gemuk air ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan sendiri. Namun pastikan dulu tidak ada penyakit yang menyebabkan water retention ini dengan berkonsultasi pada dokter.

Tahap 1 Minumlah air putih daripada jus bergula atau soda. Mengganti  minuman manis dengan air putih akan membuat tubuh hidrasi dan mencegah dehidrasi penyebab water retention.

Tahap 2 Lakukan olahraga setiap hari. Aktivitas fisik akan meningkatkan detak jantung dan membuat tubuh berkeringat. Olahraga secara rutin juga membantu keseimbangan air dalam tubuh tetap terjaga.

Tahap 3 Kurangi konsumsi garam. Sodium merupakan penyebab utama terjadinya kelebihan air dalam tubuh. Hindari makanan yang mengandung sodium tinggi, termasuk juga sodium yang tersembunyi dalam makanan siap saji serta makanan dalam kaleng.

Tahap 4 Konsumsi lebih banyak sayur dan buah, serelia utuh serta protein. Karbohidrat kompleks dan protein akan membantu fungsi-fungsi dalam tubuh dan memangkas jumlah sodium dalam tubuh.


Sumber :
LiveStrong

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui