Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Tahi Lalat di Payudara, Ada Apa?

Kompas.com - 23/09/2010, 08:32 WIB
TANYA : Dokter yang baik, di daerah dada, payudara dan perut saya tumbuh bintik-bintik hitam seperti tahi lalat dan saya perhatikan jumlahnya lama kelamaan semakin banyak. Yang ingin saya pertanyakan: 1. Apakah ini sebuah penyakit? Apa nama penyakit ini dan berbahayakah? 3. Bagaimanakah menghilangkannya? Terimakasih atas jawabannya Dok.

(Rosa 28)

JAWAB :  untuk menilai kelainan kulit, sebaiknya seorang dokter melihat sendiri dengan matanya, dan bahkan dengan bantuan kaca pembesar atau pun sinar lampu (sun light, ultraviolet, dll) untuk menentukan kelainan tersebut, karena pandangan pasien terhadap suatu bentuk penyakit kulit mungkin tidak sama dengan seorang dokter. Banyak yang harus dinilai, tidak hanya berupa bintik ataupun jumlah.

Sangat mungkin pada diri anda itu multiple tahi lalat. Namun hendaknya juga dilihat dan dievaluasi apakah bentuk dan ukurannya berubah membesar gatal, nyeri luka membentuk tukak, dan  bagaimana keadaan  dengan kulit sekitarnya? Jika hal-hal tersebut ada, maka sangat mungkin saja ada penyakit yang lebih serius.

Saya rasa, semua hal yang menyangkut perubahan di kulit haruslah dilihat dengan seksama terlebih dahulu dan tidak bisa melalui interaksi online, karena saya tidak melihat kondisi kulit anda, oleh karena itu saran saya silahkan anda kunjungi dokter kulit anda untuk mengevaluasi keadaan kulit anda lebih lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com