Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus DBD Naik Hampir 100 Persen

Kompas.com - 27/09/2010, 19:01 WIB

BANTUL, KOMPAS.com - Meski belum genap setahun kasus demam berdarah dengue atau DBD di Bantul sudah naik hampir 100 persen. Meski melonjak tajam, pemerintah setempat belum menyatakan kejadian luar biasa atau KLB. Kondisi cuaca yang tidak menentu memacu pertumbuhan nyamuk Aedes Aegypti, sehingga banyak yang terjangkit DBD.

Sampai dengan triwulan III kasus DBD tercatat 1.213 kasus, sementara sepanjang tahun 2009 hanya terjadi 628 kasus. Sebanyak lima pasien DBD meninggal pada tahun ini, sedangkan korban meninggal tahun lalu tercatat 3 orang.

Melonjaknya kasus DBD dipicu oleh kondisi cuaca yang tidak menentu. Guyuran hujan yang cukup sering di sela-sela musim kemarau membuat nyamuk aedes aegypti tumbuh subur. "Guyuran hujan menciptakan genangan-genangan air yang menjadi media bagi penetasan telur-telur nyamuk," kata Kepala Dinas Kesehatan Bantul, dr Siti Noor Zaenab Syech Said, Senin (27/9/2010).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com