Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Testis Tidak Turun pada Bayi, Normalkah?

Kompas.com - 30/09/2010, 13:14 WIB

TANYA: Dok, anak saya laki-laki berumur 1 tahun 2 bulan, sekarang berat badannya 13,2 kg dan  pada waktu lahir berat badannya 3.850 gr. Dari lahir hanya memiliki satu testis, apakah tidak akan menganggu masa depannya nanti dok?  Mohon penjelasannya. Terimakasih. Monika (34)

JAWAB: Ibu Monika yang baik, Secara spontan, kedua testis akan turun dari rongga perut ke kantung testis (kantung buah zakar) segera setelah lahir. Pada beberapa bayi sehat, dapat saja salah satu atau kedua testis mengalami keterlambatan proses tersebut. Hal tersebut dikatakan masih dalam batas normal bila terjadi dibawah usia 6 bulan.

Bila menjelang usia tersebut testis belum turun, biasanya dilakukan intervensi dengan pemberian suntikan hormon testosteron untuk merangsang turunnya testis. Namun bila hal itu tidak berhasil, maka perlu dilakukan tindakan operasi, setelah sebelumnya dikonfirmasi dengan pemeriksaan penunjang seperti usg untuk menentukan letak pasti testis yang belum turun tersebut.

Bila kondisi testis yang tidak turun tersebut belangsung lama, maka ditakutkan terjadi kerusakan sel-sel sperma yang diakibatkan suhu lingkungan di jaringan sekitar testis tersebut terlalu tinggi daripada yang seharusnya. Sebaiknya Ibu segera memastikan ada/tidaknya, maupun posisi testis saat ini, sehingga dapat diketahui terapinya kemudian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com