Senin, 21 April 2014 16:02

OBAT & VITAMIN - ARTIKEL

Minum Pil KB Pun Ada Aturannya

Penulis : Lusia Kus Anna | Kamis, 30 September 2010 | 16:28 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
shutterstock

Kompas.com - Kontrasepsi hormonal, seperti pil kontrasepsi pada dasarnya memiliki tingkat efektivitas cukup tinggi untuk mencegah kehamilan. Jadi, bila terjadi kehamilan pada yang bersangkutan, mungkin saja cara pemakaiannya salah.

Biasanya seorang wanita akan mulai menggunakan pil KB di hari pertama haid dan dilanjutkan selama 21 hari, lalu akan dihentikan selama satu minggu. Selama waktu itu biasanya akan terjadi perdarahan awal, seperti haid yang lebih sedikit dan haid yang tidak sesakit haid normal. Setelah satu minggu berhenti, ritme 21 hari dimulai lagi.

Hanya saja perlu diingat, waktu minum antara dua pil KB tidak boleh lebih dari 36 jam. Ada pil KB tertentu yang harus diminum pada waktu yang sama setiap harinya (jeda tidak lebih dari 24 jam), namun ada juga yang waktu minum sampai 12 jam dapat ditoleransi.

"Dosis pil KB saat ini sudah rendah, karena itu kalau jeda minumnya lebih dari 24 jam, kadar hormonnya dalam darah sudah rendah sehingga efektivitasnya kurang," papar Prof.dr.Biran Affandi, Sp.OG, staf pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Bagaimana jika lupa minum pil KB atau jedanya terlewat cukup lama? Dokter Biran menyarankan agar Anda segera meminum pil tersebut dan kembali ke jadwal semula. Bila lupa minum pil dalam dua hari, segera minum dua pil sekaligus ketika ingat.

Untuk mencegah terjadinya lupa, disarankan untuk membawa pil KB ke manapun Anda pergi, khususnya untuk wanita aktif yang sibuk. Sementara itu jika Anda bepergian ke luar negeri, minumlah pil KB sesuai dengan waktu Anda biasa minum ketika di tanah air.



IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui