Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyakit Gagal Ginjal Beresiko Stroke

Kompas.com - 01/10/2010, 09:43 WIB

Kompas.com - Gagal ginjal kronis biasanya diakibatkan oleh penyakit diabetes atau tekanan darah tinggi. Dalam jangka panjang, seseorang dengan penyakit gagal ginjal kronis beresiko terkena stroke dan penyakit jantung.

Gagal ginjal kronis disebabkan karena hilangnya fungsi ginjal secara perlahan dan progresif akibat meningkatnya produk sisa dan cairan dalam darah, yang seharusnya dibuang oleh ginjal yang normal melalui urin. Seringkali penyakit ini pada awalnya tidak memberi tanda atau gejala.

Dalam dua penelitian yang dilakukan tim dari Universitas California, Amerika dan Universitas Cambridge, Inggris, disimpulkan bahwa pasien yang terdeteksi menderita gagal ginjal kronis disarankan untuk diperlakukan sebagai pasien yang beresiko terkena stroke dan penyakit jantung. Selain tentu saja faktor tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol.

Kendati begitu, menggunakan penyakit gagal ginjal kronis sebagai alat skrining penyakit jantung tidak mudah mengingat kondisi gagal ginjal kronis seringkali tidak bergejala hingga secara bertahap ginjal mengalami kerusakan permanen.

Begitu seseorang dinyatakan mengalami gagal ginjal kronis, pilihan terbaik memang pencangkokan ginjal. Namun jika tidak memungkinkan, maka satu-satunya pilihan adalah cuci darah (dialisis).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com