Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Aku Berkacamata?

Kompas.com - 03/10/2010, 04:02 WIB

Makin banyak teman sekolah yang menggunakan kacamata. Kacamata selalu dihubungkan dengan kutu buku, orang yang suka belajar dan membaca. Padahal, menggunakan kacamata tidak selalu karena si pemakai suka membaca buku, menonton televisi terlalu dekat, atau terlalu lama main games online. Ada beberapa sebab kenapa mata harus dibantu dengan kacamata. 

Hindari kerja keras

Orang menggunakan kacamata karena ada kerusakan dan gangguan penglihatan pada mata. Pada anak- anak biasanya gangguan terjadi karena mata tidak bisa melihat benda dalam jarak jauh. Benda-benda dalam jarak agak jauh akan terlihat buram, tidak jelas dan tidak fokus. Semakin parah gangguannya, semakin buram semua benda yang dilihat. Gangguan penglihatan seperti ini disebut rabun jauh, miopi, atau myopia.

Gangguan rabun jauh ini biasanya karena faktor keturunan. Bila di dalam keluarga, ayah atau ibu, saudara kandung menggunakan kacamata jauh, ada kemungkinan kamu pun bisa menggunakan kacamata.

Penyebab lain adalah faktor kebiasaan buruk. Misalnya, membaca terlalu dekat, membaca di tempat yang kurang terang cahayanya, terlalu lama di depan layar komputer, dan terlalu dekat menonton televisi.

Semua kebiasaan buruk itu memberi dampak pada mata. Mata dipaksa bekerja terlalu keras sehingga mata kelelahan. Bila kondisi ini tidak segera diubah, mata pun bisa terkena gangguan rabun jauh. Penyebab rabun jauh lainnya adalah kekurangan makanan bergizi pada masa pertumbuhan hingga usia 12 tahun.

Untuk membantu mengatasi agar mata tidak semakin rusak dan tidak bekerja keras, diperlukan kacamata khusus. Contoh mata yang dipaksa kerja keras adalah kebiasaan memicingkan mata saat melihat sesuatu tidak jelas. Padahal, kebiasaan itu membuat mata makin rusak karena dipaksa bekerja melebihi kemampuannya.

Kacamata untuk kekurangmampuan melihat jarak jauh disebut dengan kacamata minus. Selain menggunakan kacamata, gangguan penglihatan juga bisa dibantu dengan lensa kontak. 

Jaga mata yuk!

Memakai kacamata bukan berarti mata sudah terlindungi dan terawat. Bila tidak pandai menjaganya, rabun jauh akan semakin menjadi-jadi. Contohnya, sebelum memakai kacamata, di kelas kamu tidak bisa membaca tulisan di papan tulis. Kemudian kamu menggunakan kacamata minus, misalnya ukuran kacamatamu minus dua.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com