Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaket Tepat Sesuai Bentuk Tubuh

Kompas.com - 04/10/2010, 15:43 WIB

KOMPAS.com - Cuaca belakangan ini sangat tidak menentu. Dari panas, mendung, hujan, hingga angin kencang. Ada baiknya Anda selalu membawa payung ke mana pun. Supaya tetap terlihat nyaman dan hangat saat cuaca dingin, jaket adalah pilihan paling tepat untuk berinvestasi pada pakaian saat ini. Supaya tampil chic, cari jaket yang sesuai untuk bentuk tubuh Anda. Seperti apa yang tepat?

Bentuk tubuh berlekuk
Carilah kaket yang semi pas tubuh, yang sedikit menyempit tetapi tidak sesak pas tubuh di bagian lekuk pinggang. Pastikan bagian menyempit ini cukup untuk menutupi sebagian bokong Anda. Jaket dengan sabuk juga bisa jadi bahan pertimbangan.
Hindari: Jaket cropped dan yang dengan kancing sampai leher.
Jangan lupa: Selalu cari yang single breasted, jangan yang double breasted (menumpuk di depan). Carilah yang kancingnya di bawah garis dada. Pastikan potongannya simpel saja. Pilih lapel (daun pada kerah) blazer yang tipis, dan tidak terlalu lebar. Lihat contoh pada Penelope Cruz yang ada di foto.

Pundak kecil
Carilah jaket berpotongan yang pas badan. Jangan memilih pundak yang lembek atau "jatuh".
Hindari: Sleeve yang menurun dan jahitan yang berakhir sebelum pinggir pundak Anda.
Jangan lupa: Jaket dengan pundak yang terdefinisi akan memberikan struktur pada pundak. Pilihlah jaket dengan jahitan yang ujungnya ada tepat pada ujung pundak, jangan berakhir atau bermula jauh dari pinggiran ujung pundak. Shoulder pad kecil bisa jadi pilihan.

Bingkai tubuh boyish (lurus)
Cari jaket yang pas tubuh, dengan panjang menengah dan menyempit di bagian pinggang. Jaket dengan detail ikat pinggang bisa menjadi pilihan.
Hindari: Jaket yang memberi kesan kotak, berstruktur kaku.
Ingat: Coba pilih gaya peplum, yakni yang mengkerut di tengah, sehingga bagian bawah agak menggembung supaya memberi kesan siluet jam pasir.

Pundak besar
Carilah jaket berukuran panjang dan lembut serta tak terlalu berstruktur yang membantu mengurangi perhatian ke arah pundak.
Hindari: Jaket yang bagian pundaknya terlalu sempit, seperti jaket large breasted, kantung di dada, atau detail pada bagian pundak.
Ingat: Coba pilih dropped sleeves atau jaket model kimono untuk melembutkan bentuk pundak. Pilih jaket dengan bentuk leher V, lapel (daun kerah depan) kecil, kerah syal, dan single breased (tidak menumpuk). Jika pinggul Anda kecil, pilih jaket dengan kantung di bagian bawah untuk menyeimbangkan pundak.

Payudara kecil
Carilah jaket yang pas tubuh dan menyempit pada pinggang. Cari jaket double breasted atau dengan ikat pinggang. Jaket shrunken (dikecilkan) yang pas di bagian pinggang akan terlihat baik untuk menciptakan siluet.
Hindari: Jaket dengan plaket tertutup atau kancing sampai leher.
Ingat: Gunakan draping, kantung pada bagian dada, jahitan untuk menambah volume pada bagian dada akan membantu, bagian leher atau kerah yang tinggi bisa menjadi pilihan. Cari jaket dengan detail feminin, seperti bagian tangan yang puffy (sedikit bervolume dan kerut) bisa dijadikan pilihan.

Figur mungil
Carilah gaya yang kecil, bersih, cropped, atau pas tubuh.
Hindari: Jaket panjang, double breasted, atau detail berlebihan.
Ingat: Cropped jacket akan memusatkan perhatian pada bagian pinggang Anda. Selalu pilih single breasted style (tidak bertumpuk). Pilih jaket dengan 1-2 kancing. Cari jaket dengan lapel (daun kerah) yang tipis yang berakhir tepat di atas pinggang Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com