Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panen Tembakau di Bawah Target

Kompas.com - 04/10/2010, 21:05 WIB

BANTUL, KOMPAS.com - Sebanyak 22 hektar tembakau virginia di Kabupaten Bantul mulai panen. Akibat hujan salah musim, produktivitas virginia tidak maksimal. Dari target 3,5 ton per hektar hanya 2 ton per hektar yang terealisasi.

"Tembakau tidak tahan dengan hujan. Tak heran jika produktivitasnya tidak sesuai target. Kalau cuacanya panas terus sesuai dengan kalender musim, kami yakin produktivitasnya bisa mencapai 3,5 ton per hektar," kata Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Bantul, Edy Suharyanto, di sela-sela acara panen tembakau virginia di Bulak Bayuran, Sabdodadi, Bantul, Senin (4/10/2010).

Menurutnya, tak hanya produktivitas yang turun tetapi juga kualitas. Hujan membuat kekentalan daun berkurang. Meski turun, namun pihak pembeli yakni PT Sadana tetap bersedia membeli tembakau sesuai dengan harga pada panen tahun lalu yakni Rp 20.000 Rp 23.000 per kilogram.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com