Selasa, 2 September 2014 13:43

6 Ramuan Penambah Nafsu Makan

Selasa, 5 Oktober 2010 | 15:43 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

JAKARTA, KOMPAS.com -  Terlalu gemuk bisa diatasi dengan diet, tapi bila terlalu kurus? Tentu saja kita atasi dengan mengasup makanan bergizi. Namun, bila selera kurang, beberapa tanaman obat seperti temulawak, kunyit, atau daun pandan wangi bisa digunakan untuk menambah nafsu makan.

Tanaman obat yang mengandung senyawa pahit biasanya digunakan untuk menambah selera makan. Di samping itu, kandungan vitamin dan mineral pada tanaman tersebut dapat membantu memperbaiki kondisi defisiensi vitamin yang banyak terdapat pada seseorang yang mengalami gangguan metabolisme.

Inilah beberapa ramuan tanaman untuk menambah nafsu makan yang  direkomendasikan beberapa pakar obat tradisional seperti Bambang Mursito, D.S. Soewito dan Fauziah Muhlisah :

Ramuan 1 Bahan: -    Tiga helai daun brotowali -    Dua jari batang brotowali yang sudah dipotong kecil-kecil -    Dua gelas air

Cara Membuat: Cucilah daun dan batang brotowali sampai bersih. Masukkan dalam wadah (lebih baik dari tanah liat). Kemudian masukkan dua gelas air dan rebus dalam keadaan tertutup sampai tinggal setengahnya. Kalau sudah dingin, saring air rebusan. Minum sekali sehari satu gelas, lakukan selama beberapa hari.

Ramuan 2 Bahan: -    tiga jari rimpang lengkuas -    50 mililiter air matang

Cara meramu Lempuyang dicuci bersih kemudian diparut, ditambah air dan diperas. Air perasan diminum tiga kali sehari satu sendok makan. Lakukan ini sebelum makan selama beberapa hari.

Ramuan 3 Bahan: -    satu genggam daun pegagan -    dua gelas air

Cara Membuat: Daun pegagan dicuci bersih kemudian ditambah air dan direbus dalam keadaan tertutup hingga mendidih sampai tinggal setengahnya. Setelah dingin, disaring. Air saringan diminum satu gelas sehari, lakukan selama beberapa hari. Selain direbus, daun pegagan segar bisa juga dikunyah. Ambillah sebanyak 15-30 gram daun pegagan segar.

Ramuan 4 Bahan: -    Satu helai daun pepaya -    Garam dapur secukupnya -    Setengah gelas air matang

Cara Membuat: Setelah dicuci bersih, lumatkan daun pepaya lalu tambahkan air dan garam. Setelah itu, peraslah sampai keluar airnya. Air perasan diminum sekaligus. Lebih baik minumlah pada pagi hari. Meramunya juga pada pagi hari. Lakukan hal ini selama beberapa hari.

Ramuan 5 Bahan: -    Dua jari rimpang temulawak -    Dua jari rimpang lengkuas -    Setengah genggam daun meniran -    dua gelas air

Cara Membuat: Semua bahan dicuci bersih. Setelah itu dipotong kecil-kecil dan masukkan dalam wadah. Tambahkan air dan rebuslah hingga mendidih selama 15 menit. Biarkan sampai dingin, kemudian larutan disaring. Minum dua kali sehari setengah gelas, lakukan beberapa hari.  

Ramuan 6 Bahan: -    5 lembar daun pandan wangi -    3 gelas air Cara Membuat: Potonglah kecil-kecil daun pandan wangi. Kemudian masukkan dalam wadah dan tambahkan tiga gelas air. Rebuslah sampai airnya menjadi dua gelas. Setelah dingin, minumlah dua kali sehari. Sekali minum satu gelas.

@ Abdi Susanto/Nofiardi


Sumber :
Tabloid Gaya Hidup Sehat
Editor :
Asep Candra

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui