Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bengkok karena Celana Dalam?

Kompas.com - 07/10/2010, 08:01 WIB

TANYA :

Mohon maaf Prof sebelumnya kalau pertanyaan saya tidak sopan. Saya mau bertanya, apakah menggunakan celana dalam yang sempit dan sering ereksi di celana dalam sempit bisa mengakibatkan penis bengkok? Bagaimana cara memakai celana dalam yang benar menurut kesehatan?

Apakah penis diarahkan ke atas atau ke bawah? Penis saya sudah telanjur sedikit bengkok ke bawah, dan kalau di arahkan ke atas rasanya tidak nyaman dan ingin mengeluarkan cairan madzi terus. Apakah sebaiknya saat tidur itu kita memakai celana dalam atau tidak? Terima kasih banyak atas jawabannya.

Dwi Prasetyo Pribadi (18), Pasuruan, Jawa Timur

JAWAB :

Tidak pernah ada laporan bahwa penis menjadi bengkok karena terjadi ereksi di dalam celana dalam yang sempit. Karena itu, tidak ada anjuran bagaimana “meletakkan” penis pada posisi tertentu di dalam celana dalam agar tidak bengkok.

Penis yang bengkok belum tentu menunjukkan adanya gangguan. Bahkan banyak penis yang posisinya bengkok, tetapi tidak berpengaruh terhadap fungsi seksual. Jadi, kalau penis Anda bengkok ke bawah, itu pasti bukan karena sering ereksi di dalam celana dalam yang sempit. Tetapi kalau penis Anda terasa sakit ketika ereksi dalam keadaan bengkok ke bawah itu, seharusnya Anda berkonsultasi lebih jauh dan memeriksakan diri.

Menggunakan atau tidak menggunakan celana dalam ketika tidur sebenarnya tidak ada perbedaan yang bermakna, baik terhadap fungsi seksual maupun kesuburan. Alasannya, celana dalam pada umumnya tipis sehingga tidak akan meningkatkan temperatur kelamin, khususnya testis. Namun, memang benar temperatur yang tinggi di bagian testis dapat mengganggu sperma (kesuburan).    

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com