Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Gaya Diet Bill Clinton

Kompas.com - 07/10/2010, 09:09 WIB

Demi menjaga kesehatan jantungnya, mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton beralih pada pola ala vegetarian

Pengalaman selamat dari serangan jantung tampaknya membuat mantan orang nomor satu di AS, Bill Clinton, lebih hati-hati dalam menjalani hidupnya. Kendati bukan pengikut vegetarian, namun Clinton lebih banyak mengonsumsi sayuran, buah-buahan serta kacang-kacangan. Dia juga mengurangi asupan daging dalam menu hariannya.

Pola makan rendah lemak itu memang disarankan dokter karena membantu meningkatkan kesehatan jantung. Pada tahun 2004 Clinton menjalani operasi bypass jantung dan awal tahun lalu ia harus kembali berada di meja operasi untuk pemasangan stent agar pembuluh darahnya yang tersumbat bisa dibuka.

"Sekarang ini pola makan saya lebih banyak nabati. Saya juga mengonsumsi suplemen protein setiap pagi dan menghindari produk susu. Sebagai gantinya adalah susu kacang almond yang dicampur dengan buah dan protein bubuk sehingga kebutuhan protein tubuh terpenuhi," katanya dalam wawancara dengan sebuah televisi belum lama ini.

Ia juga mengakui terkadang ia mampir ke kedai makanan siap saji favoritnya untuk membeli sepotong ikan. Tetapi ia mengatakan tidak pernah lagi menyentuh daging, termasuk daging unggas.

Dengan pola dietnya itu, saat ini bobot tubuh pria berusia 64 tahun itu sudah turun sekitar 10 kilogram, namun putrinya, Chelsea, menargetkan pengurangan berat badan sampai 15 kilogram.

Menurutnya, salah satu hal yang membuat dirinya tetap disiplin menjalankan pola makannya adalah bukti-bukti ilmiah yang menyebutkan pola makan nabati memberi kemajuan yang signifikan pada kasus penyumbatan pembuluh darah, penurunan kadar kolesterol dan deposit kalsium di pembuluh koroner.

Clinton juga mengakui, ia terinspirasi oleh buku The China Study yang ditulis dua dokter AS, Dean Ornish dan Caldwell Esselstyn, serta peneliti nutrisi Colin Campbell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com