Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polusi Udara, Waspadai Kanker Payudara

Kompas.com - 09/10/2010, 11:34 WIB

Kompas.com - Kejadian penyakit kanker payudara semakin sering ditemukan pada wanita yang tinggal di area yang memiliki level gas nitrogen dioksida tinggi. Karena itu kesimpulan awal menyebutkan wanita yang sering terpapar polusi udara memiliki risiko dua kali lipat menderita kanker payudara.

"Kami menemukan kaitan antara kasus kanker payudara pada wanita di usia menopause dengan paparan nitrogen dioksida yang tinggi. Kadar nitrogen dioksida ini merupakan tanda tingginya polusi udara," kata Mark GOldberg dari Research Institute dari McGill University Health Center, Kanada.

Ia menambahkan, gas nitrogen dioksida (N02) bukan satu-satunya polutan yang dihasilkan kendaraan bermotor, tapi juga ada gas-gas lain yang bersifat karsinogenik. Namun N02 hanyalah penanda, bukan agen karsinogenik sebenarnya.

Berdasarkan riset yang dilakukannya di Montreal, Kanada, risiko kanker payudara akan meningkat 25 persen pada setiap kenaikan lima bagian N02 per miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com