Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dok, Masih Perawankah Saya?

Kompas.com - 12/10/2010, 14:14 WIB

TANYA :

Waktu SMP saya pernah mencoba memasukkan jari tangan saya ke dalam vagina saya. Alasannya karena penasaran (saat itu saya belum paham mengenai apa itu perawan, selaput dara, dll) Jari yang saya masukkan adalah telunjuk, tengah, dan manis secara bersamaan.

Namun saat itu, vagina saya tidak mengeluarkan darah yang menandakan selaput dara robek. Sejak saat itu, saya belum bernah melakukannya lagi, dan belum pernah berhubungan seks dengan pasangan saya. Apakah dengan demikian saya dapat dikatakan masih perawan?

(Fabiola 20 Tahun, Yogyakarta) JAWAB : Istilah tidak perawan berarti sudah pernah melakukan hubungan seksual. Kalau Anda belum pernah melakukan hubungan seksual berarti Anda masih perawan. Robek tidaknya selaput dara tidak dapat menunjukkan apakah seseorang perawan atau tidak.

Kalau Anda memasukkan tiga jari ke dalam vagina, sangat mungkin selaput dara robek. Tetapi bukan berarti Anda tidak perawan, mengingat Anda belum pernah melakukan hubungan seksual.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com