Rabu, 16 April 2014 20:06

Jambore Sanitasi 2010

Jangan Sepelekan Peran Anak...

Penulis : Aprianita | Rabu, 13 Oktober 2010 | 12:05 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
Dok Panitia Jambore

DEPOK, KOMPAS.com — Kementerian Pekerjaan Umum melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya menyelenggarakan Jambore Sanitasi 2010. Kegiatan yang diikuti 128 siswa SMP pemenang lomba karya tulis dan poster dari 32 provinsi di seluruh Indonesia ini berlangsung 12-17 Oktober 2010 di Wisma Mekarsari, Cimanggis, Depok.

Anak-anak bisa menjadi agen perubahan yang baik lewat kerja sama dengan pemerintah untuk mengatasi masalah sanitasi ini di Indonesia. Djoko Kirmanto

"Kementerian telah mencanangkan program ini melalui kampanye yang berfokus pada anak sebagai titik sentral," papar Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto dalam jumpa pers, Selasa (12/10/2010) kemarin di Jakarta.

Dia menambahkan, pengadaan acara ini bertujuan membekali anak-anak agar pada masa depan bisa semakin peduli terhadap sanitasi. "Anak-anak bisa menjadi agen perubahan yang baik lewat kerja sama dengan pemerintah untuk mengatasi masalah sanitasi ini di Indonesia," lanjut Djoko.

Djoko mengatakan, kondisi sanitasi yang tidak memadai akan menyebabkan pencemaran dan berakibat buruknya kualitas air. Buruknya kualitas air tersebut merupakan sumber berbagai penyakit, seperti diare, kolera, dan disentri. Hal ini, lanjut dia, memberikan pengaruh negatif terhadap kondisi kesehatan dan ekonomi di Indonesia.

Direktur Jenderal Cipta Karya Budi Yuwono mengatakan, kegiatan Jambore Sanitasi digelar untuk yang kedua kalinya. "Tujuannya untuk meningkatkan pendidikan sanitasi melalui peran aktif anak-anak yang bisa memengaruhi orang tua," kata Budi.

Budi menuturkan, selama kegiatan berlangsung anak-anak akan diberi pembekalan melalui workshop sanitasi, menjaga sanitasi, proses daur ulang, dan lain-lainnya. "Selama ini mereka sudah melakukan penyuluhan sanitasi di lingkungan sekolahnya, mendampingi kepala dinas setempat dalam mengampanyekan sanitasi," lanjut Budi.

Tahun ini, Jambore Sanitasi mengangkat tema "Kita Peduli Kualitas Air". Tema ini untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam mewujudkan sanitasi yang layak dengan melakukan perubahan perilaku untuk melindungi kualitas air.


Editor :
Latief

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui