Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

27 Calon Jemaah Haji Belum Divaksin

Kompas.com - 18/10/2010, 20:20 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Sebanyak 27 dari 2.222 calon jamaah haji (CJH) reguler asal Kota Tangerang terancam gagal menunaikan ibadah haji pada tahun ini karena hingga Senin (18/10/2010) belum mendapatkan vaksinisasi meningitis. Dinas Kesehatan Kota Tangerang belum mengetahui alasan dan keberadaan para calon jemaah haji tersebut yang hingga kini belum juga melakukan vaksinisasi tersebut.

"Petugas sedang mencari keberadaan para calon jamaah haji yang belum disuntik vaksin ini," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Lingkungan (BP2L) Kota Tangerang, Ati Pramudji kepada Kompas di Tangerang.

Menurut Ati, sampai dengan batas waktu penutupan pada awal Oktober lalu, tercatat masih terdapat 69 calon jamaah haji yang belum mendapatkan suntikan vaksin meningitis. Akan tetapi, jumlah tersebut terus berkurang dan hingga Senin ini tercatat masih ada 27 calon jemaah haji yang melakukan salah satu persyaratan memasuki embarkasi Saudi Arabia tersebut.

"Kami masih membuka kesempatan bagi calon jamaah haji yang mau divaksinasi meningitis hingga akhir bulan Oktober ini. Vaksinasi ini gratis," kata Ati.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang, Zainal Arifin memberikan apresiasi terhadap Pemerintah Kota Tangerang yang proaktif memberikan pelayanan kesehatan gratis, fasilatas tempat, dan akomodasi yang selama pelayanan vaksinasi. Saya puas dengan seluruh petugas kesehatan yang memberikan pelayan dengan baik, ramah dan cepat," kata Zainal.

Hingga Senin, tercatat dua kloter calon jamaah haji reguler asal Kota Tangerang yang sudah diberangkatkan ke Saudi Arabia. Masing-masing kloter yang diberangkatkan berjumlah 450 orang pada Rabu (13/10/2010) dan Jumat (15/10/2010).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com