Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suka Isap Jari, Anak Susah Makan

Kompas.com - 20/10/2010, 10:03 WIB

TANYA: Dr. Rifan, Anak saya yang no.2, saat ini berumur 5,5 tahun, berat badan 14 kg, dan tinggi 115 cm. Ia punya kebiasaan mengisap jari kalau mau tidur. Problem yang dialami adalah anak saya mempunyai nafsu makan yang sedikit sekali. Dalam sehari kalau baru nafsu makan, makan nasi total mungkin tidak sampai 1 piring porsi anak. Anak kami juga tidak suka ngemil, minum susu juga tidak banyak. Berat badan yang sekarang itu sudah turun dari 15 kilogram bulan yang lalu.   Terus terang kami sangat khawatir dengan keadaan anak kami ini. Kalau benar-benar tidak nafsu makan, ia bisa seharian tidak makan apapun, hanya minum itupun tidak banyak. Pertanyaan: Apakah keadaan tersebut menandakan adanya kelainan/penyakit dalam diri anak kami? Bagaimana caranya menggenjot nafsu makan anak kami? Terimakasih Pak Dokter atas bantuannya. Saya tunggu informasinya. Salam dari Yogya

Triharyono (40)

JAWAB: Bapak Triharyono yang baik, Makan adalah suatu proses pendidikan, yang dilakukan secara berulang-ulang/repetitif, dan memerlukan upaya tertentu yang disertai dengan rasa kasih sayang serta penuh kesabaran. Masa kritis dalam proses makan biasanya pada saat peralihan perubahan tekstur makanan dari bentuk cair (AS I/susu formula) ke bentuk yang lebih bertekstur seperti bubur susu, tim saring, dan seterusnya. Bila proses tersebut berlangsung dengan baik dan mulus, maka biasanya masa-masa yang berikutnya menjadi lebih mudah.

Masalah yang dihadapi Bapak seringkali terjadi terlebih usianya sudah memasuki usia prasekolah, si kecil seringkali memilih jenis makanan yang ia sukai saja (picky eater). Namun sebaiknya Bapak jangan putus asa, lakukan pendekatan dengan penuh kesabaran kepada si kecil, berikan pengertian kepadanya dalam bahasa yang ia mengerti mengenai perlunya makan teratur, ajak ia belajar makan sendiri dengan bantuan, bila memungkinkan biasakan untuk makan bersama anggota keluarga lainnya.

Mengenai kondisi kesehatannya sebaiknya Bapak membawanya ke dokter terdekat untuk mengetahui lebih jelas apakah ada gangguan kesehatan yang dideritanya yang menyebabkan ia kehilangan nafsu makannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com