Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Masturbasi Jadi Gemuk?

Kompas.com - 27/10/2010, 14:46 WIB

TANYA: Dok, saya adalah seorang laki-laki mahasiswa salah satu PTS di Surabaya. Saya mau bertanya tentang kebiasaan saya melakukan onani. Kalau saya rajin melakukan masturbasi setiap hari kok badan bertambah gemuk ya? Kata orang, bila sering melakukan onani bisa tambah kurus, tapi saya kok gemuk ya? Kenapa?

Eko (20), Surabaya  

JAWAB:

Sebenarnya tidak ada hubungan antara melakukan masturbasi dan bertambah gemuk atau kurus. Menjadi gemuk atau kurus ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain diet, cukup tidaknya melakukan aktivitas fisik, dan ada atau tidaknya penyakit, misalnya gangguan hormon.

Yang pasti, kebiasaan masturbasi tidak mempunyai kaitan langsung dengan menjadi gemuk atau kurus. Jadi kalau Anda bertambah gemuk, pasti bukan karena biasa melakukan masturbasi. Tidak juga sebaliknya.

Kalau ada kaitannya, saya khawatir ada orang yang menyarankan masturbasi supaya menjadi kurus atau gemuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com