Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Hamil, Terganjal Kista

Kompas.com - 29/10/2010, 08:15 WIB

TANYA: Dokter Ahmad yang baik, saya sudah menikah selama 1 tahun, tetapi hingga saat ini belum hamil. Beberapa bulan yang lalu saya pernah hamil, tetapi keguguran di usia 9 minggu. Menurut dokter kandungan, ada kista dalam rahim saya.

Pertanyaannya, perlukah kista itu dioperasi karena, menurut dokter, nanti kalau hamil akan hilang dengan sendirinya. Mana yang terbaik, Dok, karena saya ingin sekali segera hamil.

Manda (34)

JAWAB:

Ibu Manda Yth, terima kasih atas e-mail-nya. Untuk masalah kista, itu biasanya dari indung telur (ovarium). Hal ini pun tergantung pada ukuran, jenis, dan kapan kita memeriksakan kista. Ada juga kok kista yang normal, apalagi kalau diperiksa saat pertengahan atau akhir siklus haid.

Operasi perlu dilakukan ketika diameter kista lebih dari 6 sentimeter atau ada kecurigaan bahwa kista itu ganas atau sudah menimbulkan keluhan. Jadi, menurut saya, kalau tidak ada indikasi, kita pantau saja dulu ya. Mudah-mudahan bisa segera hamil lagi. Amin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com