Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Pesisir Mentawai Bakal Direlokasi

Kompas.com - 30/10/2010, 10:50 WIB

PADANG, KOMPAS.com -  Para korban gempa dan tsunami maupun warga di kawasan pesisir barat Kepulauan Mentawai akan direlokasi ke tempat lain. Pemerintah juga tengah membuat aturan yang melarang warga untuk tinggal di kawasan pesisir ini.

Hal itu diungkapkan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno usai rapat tertutup dengan jajaran aparatur daerah terkait penanganan pascagempa-tsunami di Mentawai.

"Itu (warga relokasi) merupakan keinginan dan perintah langsung dari pak Presiden. Dalam waktu dekat, beliau akan menerbitkan peraturannya, entah itu berupa Inpres atau PP (peraturan pemerintah)," ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah kini tengah membangun rumah-rumah penampungan sementara untuk warga di kawasan pesisir. Diperkirakan sebanyak 4.000 rumah sementara akan dibangun. Lokasi tempat penampungan ini berada di wilayah-wilayah yang lebih tinggi, yaitu di dekat perbukitan.

Tim dari Kementrian Pekerjaan Umum sudah ke lokasi untuk merancang rumah-rumah penampungan. Kawasan pesisir ke depannya tidak boleh digunakan untuk pemukiman, tegasnya kemudian.

Diakuinya, relokasi ini mungkin tidak berjalan mudah, mengingat mayoritas warga Mentawai hidup sebagai nelayan di daerah pesisir. Namun, itu dilakukan demi keselamatan warga mengingat daerah pesisir, khususnya di bagian barat, sangat rawan dengan bencana tsunami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com