Sabtu, 26 Juli 2014 23:29

KONSULTASI / SEKS - ARTIKEL

KONSULTASI SEKS

Bersama Prof Dr dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS 

Guru Besar pada Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Kini dia menjabat sebagai Kepala Bagian Andrologi dan Seksologi, Ketua Pusat Studi Anti-Aging Medicine, dan Ketua Program Magister dengan kekhususan Anti-Aging Medicine dan kekhususan Ilmu Kedokteran Reproduksi. Prof Wimpie juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI), Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Andrologi Indonesia (Persandi), dan Wakil Ketua Perhimpunan Kedokteran Anti Penuaan Indonesia (Perkapi).

Tolong Dok, Testis Saya Mengecil

Kamis, 4 November 2010 | 08:16 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

TANYA :

Dok salam kenal. Saya mau bertanya. Dulu saat berumur 13 tahun testis sebelah kiri saya bengkak dan sakit tanpa saya ketahui penyebabnya.

Saya pergi ke dokter dan dikatakan infeksi. Setelah itu saya diberi obat dan setelah minum obat tersebut testis saya sebelah kiri mengecil, namun ukurannya jauh lebih kecil dari yang kanan. Saat ini saya khawatir karena saya berencana menikah.

Saya takut terjadi kemandulan. Yang ingin saya tanyakan kondisi apa yang saya alami ini? Kemanakah saya harus berobat dok?Bagaimana menurut dokter fungsi reproduksi saya ke depannya?

Innuendo 22, Denpasar

JAWAB :

Kalau benar pada waktu itu Anda mengalami infeksi pada testis, maka salah satu kemungkinan akibat yang terjadi ialah kerusakan bagian testis yang memproduksi spermatozoa.

Akibatnya dapat berupa gangguan kesuburan atau mandul sama sekali. Akibat infeksi yang Anda alami terlihat dari ukuran testis yang mengecil. Kalau benar ukuran testis mengecil, berarti telah terjadi kerusakan di dalam testis khususnya bagian yang memproduksi sel spermatozoa.

Untuk memastikan tentu diperlukan pemeriksaan oleh tenaga ahli khususnya ahli Andrologi. Pemeriksaan analisis sperma diperlukan untuk mengetahui sejauh mana kesuburan telah terganggu. Pengobatan baru dapat ditentukan berdasarkan hasil pemeriksaan yang benar.

Hasil pengobatan juga tergantung pada kerusakan testis yang terjadi. Saya sarankan Anda segera mendapat pemeriksaan.


Editor :
Asep Candra
Tahun

Cm    Kg
Laki-laki    Perempuan


Incorrect please try again

ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat


IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui