Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tolong Dok, Testis Saya Mengecil

Kompas.com - 04/11/2010, 08:16 WIB

TANYA :

Dok salam kenal. Saya mau bertanya. Dulu saat berumur 13 tahun testis sebelah kiri saya bengkak dan sakit tanpa saya ketahui penyebabnya.

Saya pergi ke dokter dan dikatakan infeksi. Setelah itu saya diberi obat dan setelah minum obat tersebut testis saya sebelah kiri mengecil, namun ukurannya jauh lebih kecil dari yang kanan. Saat ini saya khawatir karena saya berencana menikah.

Saya takut terjadi kemandulan. Yang ingin saya tanyakan kondisi apa yang saya alami ini? Kemanakah saya harus berobat dok?Bagaimana menurut dokter fungsi reproduksi saya ke depannya?

Innuendo 22, Denpasar

JAWAB :

Kalau benar pada waktu itu Anda mengalami infeksi pada testis, maka salah satu kemungkinan akibat yang terjadi ialah kerusakan bagian testis yang memproduksi spermatozoa.

Akibatnya dapat berupa gangguan kesuburan atau mandul sama sekali. Akibat infeksi yang Anda alami terlihat dari ukuran testis yang mengecil. Kalau benar ukuran testis mengecil, berarti telah terjadi kerusakan di dalam testis khususnya bagian yang memproduksi sel spermatozoa.

Untuk memastikan tentu diperlukan pemeriksaan oleh tenaga ahli khususnya ahli Andrologi. Pemeriksaan analisis sperma diperlukan untuk mengetahui sejauh mana kesuburan telah terganggu. Pengobatan baru dapat ditentukan berdasarkan hasil pemeriksaan yang benar.

Hasil pengobatan juga tergantung pada kerusakan testis yang terjadi. Saya sarankan Anda segera mendapat pemeriksaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com