Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Sering Mimisan, Gejala Apa?

Kompas.com - 05/11/2010, 09:19 WIB

TANYA: Selamat pagi dok. Saya mempunyai seorang anak perempuan yang berusia 7 tahun . Permasalahan yang kami hadapi adalah "anak saya ini kadang-kadang mimisan". Walaupun jarang tapi sangat membingungkan. Kata orang-orang tua, karena panas dalam (hal ini kan nggak dikenal dalam dunia kedokteran).

Sebenarnya apa yang menyebabkan mimisan? Faktor-faktor pencetus? Dan bagaimana caranya agar mimisan ini bisa diobati (nggak kambuh lagi). Terima kasih dok sebelumnya. Yudhistian (38), Pontianak

JAWAB: Mimisan (epistaksis) adalah keadaan pecahnya pembuluh darah halus (kapiler) di rongga hidung. Beberapa hal yang dapat menyebabkan epistaksis amat bervariasi, mulai dari yang ringan sampai kondisi yang berat. Epistaksis yang terjadi berulang dapat disebabkan oleh meningkatnya fragilitas/kerapuhan pembuluh darah halus (kapiler) dan kemudian pecah saat terjadi pelebaran kapiler tersebut.

Pelebaran tersebut dapat terjadi pada kondisi demam, rangsangan/trauma fisik pada lubang hidung seperti sering dikorek-korek, udara yang kering, kelelahan fisik, dan sebagainya. Faktor keturunan bisa menjadi petunjuk bahwa kondisi sering berulangnya epistaksis adalah karena faktor kerapuhan kapiler yang mudah pecah.

Penyebab lain yang lebih berat diantaranya adalah kelainan hematologi/darah seperti lekemia, gangguan faktor pembekuan dan sebagainya. Pemeriksaan fisis yang lebih teliti dan pemeriksaan laboratorium penunjang yang diperlukan dapat memperjelas diagnosis pasti pada si kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com